2
2785

Kampiun GP Jepang, Marquez Sah Jadi Juara Dunia

Seri MotoGP putaran 15 yang digelar di sirkuit Twin Ring Motegi akhir minggu (16/10) lalu menjadi saksi kegemilangan pebalap tim Repsol Honda, Marc Marquez. Dengan kemenangan yang digondolnya di Jepang tersebut, si Baby Alien berhasil menjadi juara dunia MotoGP musim balap 2016.

Persiapan menyeluruh yang dilakukannya selama seminggu sebelum digelarnya GP Jepang membuahkan hasil maksimal Gilmoters. Babak kualifikasi yang dijalani pebalap Spanyol ini membuatnya berhak start dari posisi 2. Dan saat balap keesokan harinya, Marquez kembali menunjukkan performa yang luar biasa dan langsung unggul di depan lepas balapan berlangsung selama empat lap.

Dan dengan sisa tiga balapan lagi, poin Marquez praktis tidak terkejar oleh pebalap yang berada di urutan dua klasemen pembalap sementara, Valentino Rossi. Jika Marquez tidak berhasil masuk finish di GP Australia (23/10), GP Malaysia (30/10) dan GP Spanyol (3/11) jumlah poinnya tetap 273. Sementara kalau the Doctor juara di tiga seri tersebut, praktis jumlah poinnya hanya 271. Maka rasanya sahih kalau Bang Gilmot mengatakan bahwa Marquez adalah Juara Dunia MotoGP 2016.

“Luar biasa! Sebelum balapan saya tidak berharap bisa jadi juara. Namun saat saya melihat Rossi keluar, saya langsung memutuskan untuk berjuang lebih keras agar menang. 3 lap jelang balapan berakhir, saya membaca di pit board bahwa Lorenzo juga terjatuh. Padahal di lap tersebut saya juga sempat membuat kesalahan di empat atau lima tikungan. Saya sangat gembira karena gelar ini sangat istimewa. Ini bagus untuk tim, dan saya juga tidak akan melupakan nenek saya yang wafat tahun ini,” jelas Marquez.

Marquez pertama kali memenangkan gelar juara di MotoGP pada debutnya di tim Repsol Honda pada 2013. Setahun kemudian dirinya kembali menjadi Juara Dunia MotoGP. Dan dengan kemenangan ini, Marquez berhasil menjadi juara dunia MotoGP untuk yang ke tiga kalinya.