5
10858

Ubah Karburator Jadi Injeksi Demi Power

Perubahan sistem karburator pada motor Acil, pembalap Motori Proliner TooSpeedShop, membuahkan hasil. Hendra Apriana, nama aslinya, berhasil menempati podium ke dua di race Indonesia Trackday Series putaran 4 (30/10) kemarin di Sirkuit Sentul, setelah merubah sistem karburator menjadi injeksi.

Pada awalnya, pembalap asal Depok ini sudah cukup percaya diri karena sesuai perhitungan transponder Acil mendapatkan best time pada kelas Bebek 4T 150CC, namun faktor lain seperti settingan suspensi yang agak keras mewajibkan ia untuk lapang dada dengan hasil podium ke dua.

“Shockbreaker depan motor kurang sempurna, jadi saat melewati tikungan, shock seperti mati. Jadi sulit dikontrol,” jelas pembalap dengan nomor motor 161.

IMG_20161101_232659

Menurut Richi sang Head Mekanik di Motori, ia mengubah sistem karburator pada motor Jupiter MX menjadi sistem injeksi. Alasannya, dengan mengubah sistem tersebut power yang dihasilkan dapat lebih besar.

“Motor Acil lebih powerfull lagi dengan menggunakan turbo di ECU BRT dan sedikit settingan power mesin, hasilnya power yang keluar seperti motor peruntukan drag race,” jelasnya.

Sebenarnya ini adalah Riset pertama tim Motori Proliner TooSpeedShop untuk menguji seberapa baik sistem injeksi tersebut dan ternyata hasilnya cukup memuaskan dan akan diterapkan untuk next race yakni event Drag yg diselengarakan UMA Racing di Cikarang

Foto & penulis: Faiza Faisycal

5 COMMENTS