Foto: Moto Gateaway
15
4717

3 Tips Jadi “Boncenger” dari Bang Gilmot

GILAMOTOR.com – Tips jadi boncenger atau penumpang sepeda motor bisa jadi belum banyak diketahui oleh Gilmoters, nih. Menjadi penumpang sepeda motor memang terdengar sederhana. Walau sebetulnya ada sejumlah hal yang perlu dipahami demi kenyamanan dan keselamatan. Nah, berikut tiga tips menjadi boncenger dari Bang Gilmot.

  1. Jangan Lupakan Perlengkapan Safety Riding

Walau posisinya hanya sebatas penumpang, boncenger tetap dianjurkan memakai perlangkapan safety riding selengkap sang rider. Bukan hanya helm, ada baiknya boncenger juga memakai jaket yang dilengkapi padding, boots riding sampai sarung tangan.

  1. Tubuh Tidak “Melawan” Ketika Menikung

Sedikit banyak gerakan seorang boncenger memengaruhi pengendalian motor yang dirasakan rider. Tak terkecuali ketika motor sedang masuk tikungan. Ada baiknya tubuh boncenger tidak “melawan” ketika di tikungan karena rider akan merasa terganggu. Yang harus dilakukan hanyalah menetralkan tubuh dan mengikuti gerakan motor.

  1. Berpegangan Saat Akselerasi dan Pengereman

Motor bisa berakselerasi secara tiba-tiba sehingga menimpulkan entakkan cukup hebat bagi boncenger. Untuk penumpang motor yang tak dilengkapi sandaran jok, upayakan untuk berpegangan pada behel. Apabila hendak berpegangan pada tubuh rider, pastikan rider tidak terganggu akan hal itu. Nah, berpegangan pada behel juga bisa dilakukan saat pengereman. Karena dengan begitu tubuh boncenger tidak terdorong ke depan dan menambah beban sang rider. (mdp)

15 COMMENTS