Ali Adriansyah Rusmiputro (Foto: European Junior Cup)
0
1663

Ali Adriansyah Besut Yamaha R3 di WorldSBK 2017

JAKARTA, GILAMOTOR.com – Ali Adriansyah Rusmiputro adalah salah satu pembalap Tanah Air yang telah go international. Bahkan tahun depan pembalap kelahiran 1993 tersebut akan turun di kelas FIM Supersport 300 World Championship dalam rangkaian kejuaraan World Superbike (WorldSBK).

Mengutip DapurPacu.com, Sabtu (24/12), Ali mengaku sementara ini dirinya akan turun selama satu musim memperkuat Pertamina Racing Team. Pembalap kelahiran Tengerang tersebut akan menunggangi Yamaha YZF-R3 dan bersaing dengan pembalap lain yang menggunakan motor-motor seperti Kawasaki Ninja 300 atau Honda CBR300R.

Hal ini agak berbeda dengan kejuaraan internasional lain yang pernah diikutinya, European Junior Cup. Karena kejuaraan tersebut hanya menggunakan satu jenis motor lansiran Honda.

Di lain sisi, kelas FIM Supersport 300 World Championship merupakan kategori baru di World Superbike. Mempertandingkan motor-motor baru produksi massal. Kelas ini bisa diibaratkan sebagai “jendela” bagi pabrikan untuk memamerkan motor-motor barunya di kelas sport 300 cc. Sekaligus kesempatan lahirnya pembalap-pembalap potensial dengan usia entri minimum 15 tahun. (mdp)

NO COMMENTS