Lorenzo uji motor Ducati. (Foto: Motorsport.com)
8
2977

Ducati Tetap Kompetitif Meski Tanpa “Winglet”

GILAMOTOR.com – Jorge Lorenzo akan memperkuat Ducati pada MotoGP 2017. Tidak seperti musim sebelumnya, motor Lorenzo nanti tidak akan dilengkapi winglet. Lorenzo tuding ada intervensi tim lain dalam pelarangan tersebut.

Ducati adalah pelopor penggunaan winglet di MotoGP. Komponen menyerupai sayap yang berada di bagian depan motor itu berguna menciptakan downforce ketika berakselerasi. Selain itu, juga untuk mengurangi wheelie lantaran mesin Desmosedici terkenal punya tenaga begitu besar.

“Pendapat saya, ada pengaruh dari pabrikan lain dalam pertemuan,” tuding Lorenzo, dikutip dari Motorsport.com, Selasa (20/12). Dirinya menambahkan, “Kalau winglet benar-benar membuat penyelenggara khawatir soal keselamatan, seharusnya mereka sudah melarang dari dulu.”

Dari kubu yang sama, Manajer Tim Ducati Paolo Ciabatti tak melihat adanya pembalap yang mengalami luka terkena winglet di sejumlah insiden musim lalu.

“Ada banyak insiden musim lalu dan tak ada satu pun pembalap yang terluka karena winglet. Sudah jelas kami mencapai keutungan kompetitif karena kami memakainya lebih dulu sebelum orang lain, dan mereka ingin melarang keuntungan itu. Dengan atau tanpa winglet kami akan tetap kompetitif,” jelas Ciabatti. (mdp)

8 COMMENTS