7
8953

Musim Hujan, Pahami Bahaya Hydroplaning di Ban Motor

Gilmoters tentunya pernah naik motor saat hujan, bukan? Harus diketahui bahwa ada sederet bahaya yang mungkin terjadi apabila Gilmoters selalu memaksakannya. Salah satunya adalah hydroplaning atau aquaplaning. Buat kamu yang masih meraba-raba maksud hydroplaning, berikut penjelasannya dari informasi yang berhasil Bang Gilmot himpun.

Secara sederhana, hydroplaning adalah fenomena yang menggangu performa ban ketika motor melaju di jalanan basah. Pada level tertentu air yang tergenang di jalanan bisa membentuk sebuah lapisan.

Pada level tertentu air yang tergenang di jalanan bisa membentuk sebuah lapisan.
Pada level tertentu air yang tergenang di jalanan bisa membentuk sebuah lapisan.

Sampai akhirnya memisahkan ban dengan aspal yang membuatnya kehilangan daya cengkraman. Alhasil, motor tidak bisa dikendalikan dan berujung malapetaka. Untuk diketahui, hydroplaning berbeda dengan tergelincir seandainya ban menginjak cairan semacam pelumas, Gilmoters.

Sebetulnya, hydroplaning lebih berbahaya untuk mobil. Karena motor diuntungkan dengan bentuk bannya yang lebih “tajam”. Dengan bentuk seperti maka ban motor bisa lebih mudah memecah lapisan genangan air di jalan. (mdp)

7 COMMENTS