Biaya perawatan baru akan dikenakan apabila motor sudah mencatatkan 10.000 atau 12.000 kilometer.
0
8909

Siapkan Dana Sebesar Ini untuk Servis Ducati

JAKARTA, GILAMOTOR.com – Memiliki sepeda motor berkapasitas mesin besar sekelas Ducati sepertinya jadi impian setiap orang dan mungkin termasuk, Gilmoters. Meski motor sport asal Italia tersebut mampu mendongkrak penampilan dan gengsi Gilmoters, namun ada beberapa hal yang mesti Gilmoters perhatikan.

Salah satunya adalah perawatan rutin alias service yang jelas biayanya tidaklah murah. Penasaran berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk merawat sepeda motor Ducati? Berikut ulasannya Bang Gilmot.

Menurut Rahadi Wibowo selaku Workshop Ducati Indonesia, jika biaya perawatan baru akan dikenakan apabila motor sudah mencatatkan 10.000 atau 12.000 kilometer. Lantaran pada 1.000 kilometer pertama masih belum dikenakan biaya alias gratis Gilmoters.

“Untuk biaya jasa service itu dihitung berdasarkan jam. Sebagai contoh Ducati Monster 821 untuk service kedua itu kira-kira 1,5 jam dengan biaya Rp 550 ribu per jamnya,” ujar Rahadi.

Lebih lanjut, meskipun dipatok berdasarkan waktu, namun pihak Ducati tidak akan memberikan biaya tambahan jika proses service melebihi waktu yang ditentukan. “Kalau proses service-nya lebih dari 1,5 jam, misalkan tiga hari karena ada kendala. Kami tidak boleh memberikan biaya lebih kepada konsumen. Atau misalkan ada baut yang slek yang memakan waktu 6 jam, biayanya tetap 1,5 jam,” urainya.

Sedangkan spare part yang kerap diganti selama service tersebut bervariasi, Gilmoters. Mulai dari oli, busi hingga filter.

“Untuk Multistada businya itu seharga Rp 600-700 ribu per buah tinggal dikalikan deh sesuai kebutuhan busi motornya. Sedangkan filter oli itu harganya Rp 250-an ribu, sementara oli Rp 170 ribu per liter dan sekali ganti butuh tiga liter. Kalau ditotal seluruhnya kira-kira mencapai Rp 3  jutaan lebih.” (okz)

NO COMMENTS