(Foto: AdvRider)
3
14738

Tips Touring “Single Touring”, Antisipasi Masalah di Perjalanan Seorang Diri

GILAMOTOR.com – Bang Gilmot dapat pertanyaan menarik dari Gilmoters bernama Moch Soleh. Lewat rubrik Tanya GilaMotor, dirinya menanyakan tips single touring atau touring seorang diri, Gilmoters.

“Kalau touring rombongan, kan, enak seandainya ada masalah bisa ada yang bantu,” tutur Soleh. Tapi bagaimana jadinya kalau touring dilakukan sendirian?

Kebetulan Bang Gilmot juga doyan single touring karena lebih fleksibel mengatur waktu dan destinasi yang dituju. Akhirnya Bang Gilmot cari informasi dan ketemulah sejumlah tips dari beberapa sumber yang bisa dijadikan pedoman dalam melakukan single touring.

Dikutip dari Tempo.co, Edo Rusyanto, Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Road Safety Association (RSA) sebut sebetulnya sudah ada kaidah dalam melakukan touring, yang antara lain:

Memastikan Kondisi Sepeda Motor

Langkah ini berkaitan erat dengan kekhawatiran Soleh, Gilmoters. Memang masalah teknis di perjalanan susah diprediksi. Tapi dengan mamastikan kondisi motor dalam kondisi prima artinya kita sudah menekan kemungkinan munculnya masalah di perjalanan.

Perlunya Riding “Pemanasan”

Gilmoters bisa melakukannya dengan mengendarai motor secara santai lebih dulu selama sepuluh sampai lima belas menit. Gunanya untuk menyesuaikan diri dengan kondisi motor setelah dilakukan sejumlah penyetelan untuk touring.

Atur Emosi di Jalan

Kondisi emosional yang tenang akan berujung pada keputusan rasional yang membuat perjalanan single touring Gilmoters jadi lebih aman. Selain berguna untuk demi keselamatan di sendiri, Gilmoters juga telah menjaga keselamatan pengguna jalan lainnya.

Memastikan Kondisi Jalan

Sebanyak mungkin kumpulkan informasi mengenai rute yang akan dilewati, Gilmoters. Untuk diingat, apabila melewati jalanan umum yang berkelok tidak bisa seperti di sirkuit dengan mengikuti racing line. Tetaplah pada lajur kita yang seharusnya.

Beristirahatlah

Tak perlu mematok target untuk sampai di tempat tujuan pada waktu tertentu. Anggap perjalan sebagai bagian dari wisata. Istirahat bukan hanya berguna mengembalikan kebugaran tubuh, tapi juga menghindari mesin motor dari overheat. (mdp)

3 COMMENTS

  1. “tidak perlu mematok target untuk sampai di tempat tujuan pada waktu tertentu”

    klo sy mah lebih kearah pake “ancer-ancer”..bisa rusak manajemen perjalanayg udah disusun ampe pala plontos..klo target2 banyak yg missss.. dri atas kan udah di jabarin persiapan..nah dari persiapan itu kita dapat teknis ttg manajemen perjalanan yg akan dilaksanakan (kondisi motor, kondisi rider, kondisi jalur, dan lain2)..

    pointnya mungkin “perlu memanajemen perjalanan” agar safety fun and discoverable”

    alah 😀