5
1064

100 Pelajar SD Kunjungi Pabrik Suzuki

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia yang jatuh pada tanggal 10 Januari 2017.

CIKARANG, GILAMOTOR.com – Wah ada apakah gerangan ratusan siswa-siswi sekolah dasar (SD) berkunjung ke pabrik milik Suzuki tuh Bang Gilmot?

Jadi,  dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia yang jatuh pada tanggal 10 Januari 2017, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mengadakan kegiatan Kunjungan Industri Pelajar. Mengusung tema Lingkungan Sehat, acara yang digelar di pabrik Suzuki di Cikarang ini bertujuan untuk memperkenalkan proses pengolahan limbah yang dilakukan pabrik yang berlogo s besar tersebut Gilmoters.

“Kami merasa bahwa Hari Lingkungan Hidup ini merupakan momen yang tepat untuk mengajak anak-anak lebih peduli terhadap lingkungan. Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa memegang peranan penting untuk menjaga lingkungan. Melalui contoh nyata ini, kami ingin agar anak-anak juga memahami pentingnya memelihara lingkungan sedari dini.” ungkap Head Of HRDGA Cikarang Plat PT SIM, Fajar Dewanto.

Kegiatan yang melibatkan 100 pelajar SD Al-Azhar Syifa Budi Jatibening ini dimulai dengan aktifitas berupa penyampaian materi yang interaktif mengenai bahaya limbah dan sampah. Selain itu materi mengenai pengolahan sampah yang benar, serta bagaimana Suzuki menerapkan green concept untuk setiap aktivitas pabriknya juga diberikan. Disini para pelajar juga melakukan simulasi pemilahan sampah berdasarkan jenisnya, yang bertujuan agar mereka lebih memahami bahwa sampah juga dapat diolah kembali sehingga tidak merusak lingkungan.

Usai kegiatan indoor, anak-anak diajak berkeliling pabrik untuk melihat proses produksi secara langsung loh Gilmoters. Mulai dari tahap pencetakan, pengelasan, pengecatan, perakitan hingga proses pengolahan limbah industri.

Dan untuk lebih menamkan kepedulian terhadap lingkungan, Suzuki juga mengajak anak-anak untuk menanam pohon bersama. Dimana sebanyak 50 pohon berjenis Mahoni ditanam di lingkungan pabrik sebagai penyejuk sekaligus pembersih udara.Tak lupa di setiap pohon yang ditanam akan disertakan harapan-harapan mereka bagi lingkungan dan Suzuki.

“Siswa -siswi kami terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan Kunjungan Industri di Suzuki. Tujuan awal kami ke pabrik Suzuki adalah untuk belajar mengenai proses produksi mobil. Tetapi kami juga disuguhkan dengan kegiatan yang bisa menjadikan siswa-siswi kami peduli akan lingkungan hidup. Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada Suzuki.” tutur Mochtar Kepala Sekolah dari SD Al-Azhar Syifa Budi Jatibening. (OKZ)