0
1045

Tips Pasang Kaliper Rem ‘Aftermarket’ di Honda CBR250RR

Guna mendongkrak performa sistem pengereman dalam menahan laju motor.

JAKARTA, GILAMOTOR.com – Sepeda motor sport fairing anyar PT Astra Honda Motor (AHM) yakni CBR250RR sudah mulai wara-wiri di jalan nih Gilmoters. Para pemilik motor yang menjadi rival Kawasaki Ninja 250 Fi dan Yamaha R25 pun juga tidak sedikit yang mulai memodifikasi guna mendongkrak performa kuda besi kesayangannnya.

Dan untuk menunjang performa yang bengis, sistem pengereman terutama kaliper rem pun harus di-upgrade agar kian mumpuni menahan laju CBR250RR.

kaliper depan (after)

Sayangnya, kaliper aftermarket Honda CBR250RR belum banyak yang beredar. Khususnya yang datang dari merek ternama, seperti Brembo. Namun Gilmoters pemilik Honda CBR250RR yang ingin mengaplikasikan kaliper Brembo, Bang Gilmot punya solusinya nih.

“Jika ingin menggunakan kaliper aftermarket (Brembo) harus dibuatkan dudukan atau braket depan dan belakang,” buka Sudirjo, mekanik dari Anjany Racing.

kaliper belakang (after)

Lebih lanjut mekanik bengkel yang bermarkas di bilangan Jakarta Barat tersebut menambahkan jika penggunaan braket ini lantaran posisi kaliper rem akan berubah. Terlebih kaliper belakang Gilmoters.

Memang jika posisi kaliper belakang pada CBR250RR standar berada di atas, jika menggunakan kaliper Brembo mesti dipindah kebagian bawah. “Ini untuk menyasati posisi nipel selang rem kaliper Brembo yang berada di samping,” lanjut Sudirjo.

Nah, bagi Gilmoters yang berminat mengganti kaliper standar CBR250RR dengan kaliper Brembo, siapin deh dana Rp 2,7 – 3,6 juta. Dan jangan lupa tebus juga braketnya dengan harga Rp 500-600 ribuan. (okz)

NO COMMENTS