7
4046

Tips Pilih Busi Balap Ala NGK

Gilmoters salah satu rider yang doyan adu kebut di lintasan balap? Jika iya tentunya banyak faktor yang mempengaruhi performa tunggangan Gilmoters. Salah satunya adalah busi. Meskipun kecil komponen ini cukup vital loh Gilmoters.

Nah Bang Gilmot punya sedikit tips nih dari NGK untuk memilih busi yang pas untuk kebutuhan balap Gilmoters. Mari disimak.

  1. Bentuk metal sheel (kepala busi) harus disesuaikan dengan blok mesin dan langkah piston, jika salah memilih akan berakibat fatal piston akan menabrak busi dan menyebabkan kerusakan pada ruang bakar.
  2. Bentuk elektroda dan kepala busi

Busi yang baik adalah busi yang mampu menahan efek quenching dengan cepat agar inti api tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu bentuk elektroda dan kepala busi berperan dalam hal tersebut.

  1. Tingkat panas

Dalam proses transfer panas yang diterima busi kemudian disalurkan ke blok mesin dapat kita tentukan dengan memilih angka yang tertera pada busi itu sendiri. Apakah itu busi panas atau busi dingin.

  1. Resistor

Pemakaian teknologi dalam mengatur sistem pengapian menjadikan busi dengan tipe resistor wajib digunakan untuk menghindari adanya gangguan pulse elektrik yang dapat menyebabkan mesin bermasalah.

Selain itu ada beberapa faktor yang harus Gilmoters perhitungkan dalam pemilihan busi untuk keperluan balap. Antara lain celah busi yang dimana semakin kecil celah busi maka akan semakin sedikit konsumsi listrik yang dibutuhkan. Namun seiring berjalannya waktu, elektroda akan mengalami keausan sehingga gap akan bertambah. Dalam hal ini umur pakai busi dapat diperhitungkan.

Selanjutnya adalah diameter elektroda yang berperan besar dalam menghantarkan arus listrik listrik yang terjadi antara elektroda pusat dengan elektroda ground. Sehingga hal ini juga berpengaruh dalam proses pembentukan api yang terus membesar untuk mengurangi efek quenching. Untuk dapat mengurangi penggunaan listrik (sparking voltage), penggunaan busi dengan diameter elektroda yang kecil akan efektif. Selain itu pemilihan bahan juga berpengaruh dalam meningkatkan performance dan durability.

7 COMMENTS