5
815

ASTRAC Green Trailventure 2017 Bawa Misi Lingkungan Hidup

CIPANAS, GILAMOTOR.com – Di antara banyak aktivitas roda dua, kegiatan riding di alam terbuka memang menyuguhkan sensasi yang berbeda, Gilmoters. Ketika melakukan petualangan di alam bebas dengan sepeda motor, Gilmoters akan dibawa lebih dekat dengan lingkungan. Yang pada akhirnya akan menumbuhkan rasa peduli terhadap alam sekitar.

Maka, tak aneh apabila banyak ditemui komunitas trail yang kerap melakukan riding diselingi agenda bertemakan lingkungan. Sepert yang Gilmoters bisa temui di acara ASTRAC Green Trailventure 2017. ASTRAC (Asosiasi Trail Adventure  Cipanas) merupakan sebuah wadah komunitas trail yang aktif sejak 20 Mei 2016.

Perjuangan menaklukkan jalur yang sudah ditentukan dibuka oleh Kapolres Cianjur AKBP Arif Budiman yang didampingi Kabagops Kompol Hilman Muslim, Sabtu 4/2. Dari keterangan panitia tercatat ada 1.200 peserta yang ambil bagian.

Ketua ASTRAC, Herrianto Latif, mengungkapkan bahwa kepedulian terhadap lingkungan menjadi salah satu motivasi ASTRAC untuk terus mengembangkan wisata alam Cipanas. Untuk itu pada event ini dilakukan pula penanaman 1.000 batang bibit pohon kopi di Bukit Aquilla Beunying, Cipanas, Jawa Barat.

Bukit Aquilla Cikanyere menjadi tantangan baru bagi para pencinta trail untuk menaklukkan medan yang sulit. Karena pada pelaksanaan acara track baru ini menimbulkan beberapa masalah pada kendaraan karena kondisi medan setelah di guyur hujan sangat licin dan liat.

“Sekitar 1.200 off-roader turun dalam ASTRAC Green Trailventure yang dimulai pukul 08.00 hingga sore hari,” ujar Ketua Pelaksana Daseng Hakimi, kepada wartawan di lokasi. Dia menambahkan  bahwa jalur ini merupakan track baru yang di persiapkan sejak bulan November tahun lalu. Dengan pertimbangan utama bahwa lokasi ini sangat cocok Trailventure yang menyuguhkan pesona wisata alam pegunungan Cipanas.

ASTRAC  (Asosiasi Trail Adventure  Cipanas) yang didirikan pada 20 Mei 2016 di dasari atas inisiatif dan kemauan komunitas – komunitas di wilayah  Cipanas – Pacet – Cianjur untuk membuat wadah komunitas dengan tujuan mempererat tali silaturahmi dan memajukan dunia trail di Cipanas dan sekitarnya. Meskipun masih terbilang baru, tetapi beberapa komunitas yang ada di wilayah Cipanas dan sekitarnya sudah bergabung dalam wadah ini, di antaranya Jarambah, Nakal, Semut, Trac, Aprak, 06 Style, Brandalan, Nalaktak.

Acara ini turut didukung produsen ban Corsa yang mengedepankan produk MT Cross sebagai andalan off-roader. Para off-roader menggunakan MT Cross X 100/100-18 dan MT Cross R 80/100-21.(mdp)

5 COMMENTS