4
3064

Fairing Baru Yamaha Dapat Restu

GilaMotor.com – Gilmoters pasti sudah tahu kalau penggunaan “sayap” pada fairing motor MotoGP dilarang musim depan. Dengan begitu setiap tim harus mencari cara lain untuk mendapatkan downforce yang dibutuhkan. Dan tampaknya Yamaha sudah menemukan cara yang tepat.

Bisa dilihat pada foto di atas, Yamaha membuat “sayap” tersebut lebih menyatu dengan bodi. Lantas, apakah cara ini mendapat restu dari regulator? Jawabannya, iya, Gilmoters.

Bicara kepada sejumlah media massa asing, MotoGP Techincal Director Danny Aldridge sebut,”Untuk Yamaha, menurut saya itu diperbolehkan karena tidak ada tonjolan. Saya tidak mengkategorikannya sebagai tonjolan karena bentuknya menyatu dengan lengkung bodi, radiusnya juga sama dari atas sampai bawah.”

Seperti diberitakan sebelum, penyelenggara MotoGP melarang segala bentuk komponen tambahan pada bodi motor, misalnya dalam bentuk sayap, sirip, tonjolan yang bisa memberikan efek aerodinamika.

“Dari segi keselamatan, itu sempurna. Tidak ada isu sama sekali. Sebenarnya, yang tidak diperbolehkan adalah sesuatu yang keluar dari fairing hingga mencapai sudut 90 derajat atau ubahan yang mengubah radius,” sambungnya. (mdp)

4 COMMENTS