6
2505

IMI Sukses Gelar Seminar Lingkungan Bersama FIM

GilaMotor.com – Pasti Gilmoters masih ingat dengan artikel yang Bang Gilmot tayangkan beberapa waktu lalu perihal Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama Federation of International Motorcycling (FIM) akan menggelar seminar lagi.

Nah seminar International Environmental Steward (CIE) yang digelar di salah satu hotel di Tangerang Selatan (18-19/2) lalu sukses digelar nih Gilmoters.

Seminar yang diikuti oleh 13 peserta dari berbagai komisi olahraga otomotif di Indonesia ini cukup berbeda dari seminar biasanya Gilmoters. Ini karena seminar yang dipimpin oleh FIM International Sustainability Commision Director, Kattia J. Hernandez ini tidak berfokus pada teknis perlombaan. Melainkan lebih membahas mengenai upaya menjaga, melestarikan serta memberikan efek positif bagi masyarakat dan lingkungan.

“Saat ini, sudah seharusnya event lokal di Indonesia tak hanya mementingkan segi bisnis dan hiburannya saja, namun juga bagaimana suatu event yang digelar harus bisa memberikan kontribusi nyata dalam mengelola sekaligus membantu keberlangsungan hidup masyarakat serta lingkungan di sekitar area perlombaan,” ungkap Kattia.

Lebih lanjut ia pun sangat optimis dapat melakukan hal tersebut, pasalnya FIM sejak 2011 sudah berhasil fokus kepada progmam yang memiliki prioritas dengan keberlangsungan hidup lingkungan dan masyarakat. “Karena kami ingin selalu menjaga lingkungan serta memajukan perekonomian masyarakat. Dan kami percaya bahwa event otomotif dapat memberikan lebih dari sekadar hiburan semata,” terangnya.

Dalam seminar tersebut, Kattia juga banyak membahas mengenai konsep-konsep sustainability, bercerita, bertanya dan berbagi pengalaman soal event olahraga otomotif internasional. Selain teori, seminar yang berlangsung selama dua hari tersebut juga memberikan ujian kepada para peserta yang nantinya akan diberi penilaian.

Sayangnya, seminar International Techincal Steward (CTI) yang sebelumnya direncanakan digelar bersamaan dengan seminar International Environmental Steward (CIE) terpaksa harus ditunda karena beberapa alasan. Duh sayang banget ya Gilmoters.

Kedepannya, IMI juga akan melanjutkan rangkaian seminar lainnya yang kali ini bekerja sama dengan Federaration Internationale de l’Automobile (FIA). Seminar tersebut akan membahas mengenai sistematis perlombaan, homologasi, sertifikasi, serta pemberian lisensi.(okz)

6 COMMENTS