5
1230

Pelatihan Safety Riding bagi Komunitas Big Bike Honda Yogyakarta

YOGYAKARTA, GILAMOTOR.com – Komunitas Honda Big Bike Yogyakarta & Friends dan Astra Motor Yogyakarta gelar pelatihan safety riding khusus bagi anggota komunitas motor sport di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta (4/2) silam, Gilmoters. Bagaimana jalannya agenda tersebut?

Pelatihan yang diikuti oleh 25 pengendara motor sport ini dilandasi atas kesadaran bahwa keselamatan berlalulintas adalah tanggung jawab setiap individu yang ada di jalan. Tak terkecuali dengan anggota komunitas yang berkendara dengan mobilitas tinggi, baik sebagai sarana transportasi ataupun sebagai hobi. Ancaman keselamatan berkendara bisa datang dari diri sendiri, orang lain ataupun lingkungan dimana seorang pengendara berada, Gilmoters.

“Peserta pelatihan kali ini merupakan anggota komunitas yang sudah sering melakukan perjalanan touring ke berbagai daerah. Namun demikian ternyata masih banyak peserta yang belum pernah mendapatkan pelatihan safety riding sebelumnya. Melalui pelatihan ini diharapkan setiap peserta bisa memiliki skill, wawasan, dan kesadaran mengenai perilaku aman saat berkendara. Sehingga ke depannya masing-masing peserta dapat berkontribusi dalam menekan angka kecelakaan di jalan raya,” ungkap Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal.

Dalam pelatihan ini materi dibagi menjadi dua yaitu teori dan praktek. Pada sesi teori peserta diajak untuk mengenal persiapan, sikap, perilaku, resiko di jalan raya, hingga teori ketrampilan berkendara. Sedangkan untuk sesi praktek dibagi menjadi tiga materi yang meliputi braking, narrow plank, dan slalom course.

Melalui materi braking peserta diajak untuk menguasai ketrampilan penggunaan rem saat mengendarai sepeda motor. Teknik pengereman yang baik akan menghasilkan jarak pengereman yang pendek dan pengendalian yang stabil. Untuk melatih keseimbangan peserta mendapatkan materi narrow plank di mana peserta diajak untuk meniti papan keseimbangan. Materi ketiga adalah slalom course. Dalam materi ini peserta diajak untuk mengasah ketrampilannya dalam mengendalikan sepeda motor melewati bermacam jenis tikungan.

Sebagai tambahan peserta yang sebagian merupakan pengguna Big Bike juga mendapatkan materi mengenai teknik mendirikan Big Bike yang roboh. Materi ini cukup menarik mengingat mendirikan Big Bike dengan bobot yang relatif berat akan sangat sulit jika tidak dibarengi dengan teknik yang benar.(mdp)

5 COMMENTS