8
1472

Belasan Komunitas Motor Ikuti Kompetisi Safety Riding DAM

GilaMotor.com – Komunitas motor dipercaya bisa ikut menyebarkan semangat safety riding bagi masyarakat luas, Gilmoters. Safety riding sendiri seharusnya bukan hal asing bagi komunitas roda dua karena mereka sangat akrab dengan aktivitas berkendara.

Namun, sebelum itu, ada baiknya pengetahuan safety riding para anggota komunitas tersebut “diuji” dalam ajang yang tetap mengedepankan keakraban. Contohnya Kompetisi Safety Riding tingkat Regional khusus komunitas sepeda motor Honda ini yang diprakarsai Daya Adicipta Motora (DAM).

Baca juga: Kenalan dengan Tiga Tim Balap Binaan Dealer Honda Daya Adicipta Motora

DAM selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat menggelar Kompetisi Safety Riding 2017 Regional Jawa Barat pada 18-19 Maret 2017 di Bandung. Ada sebanyak 18 paguyuban roda dua yang ambil bagian.

Lerri Gunawan, General Manager Sales, Marketing & Logistic DAM mengatakan, “Kompetisi Safety Riding merupakan tindak lanjut pelatihan safety riding yang diadakan oleh DAM untuk anggota komunitas di seluruh Paguyuban sepeda motor Honda di Jawa Barat. Kompetisi safety riding adalah kegiatan berupa lomba keahlian pengendalian sepeda motor yang aman dan nyaman. Keahlian yang dilombakan merupakan keahlian mengendalikan sepeda motor standar di jalan raya.”

Kompetisi ini memiliki 4 kriteria penilaian yaitu safety check dengan menengok atau menoleh ke belakang kanan melihat situasi lalu-lintas, setiap peserta harus melakukan safety check sebelum menarik gas untuk start.

Kemudian postur berkedara pada tempatnya agar memudahkan pengendalian sepeda motor. Selanjutnya, pengoperasian sepeda motor yang baik dan benar pada saat peserta melakukan keseimbangan secara ekstra pelan dan slalom secara cepat harus mengoperasikan sepeda motor dengan tepat.

Terakhir, peserta wajib melakukan tahapan rute yang telah ditentukan oleh panitia. Hal ini berfungsi untuk membiasakan peserta melihat keadaan atau situasi lalu-lintas dimana peserta mengetahui kapan harus bergerak lambat dan kapan harus bergerak cepat.(mdp)

Pemenang Kompetisi Safety Riding 2017 Regional Jawa Barat
Kategori Sport :
1. Khaerul Haryadi – Ikatan Motor Honda Bandung
2. Deri Krisnandi – Ikatan Motor Honda Bandung
Kategori Matic :
1. Annisa Lucy Prigita  – Komunitas Honda Motor Bogor
2. Kunthi Kayati – Ikatan Motor Honda Bandung

8 COMMENTS