11
18744

Review All New Honda Scoopy: Bikin Makin Percaya Diri Lahap Tikungan

GilaMotor.com – Area pengujian yang terbatas gak bikin Bang Gilmot hilang semangat buat mencoba motor Honda terbaru, All New Honda Scoopy. Ya, skutik retro ini baru saja mendapat penyegaran dan membawa beberapa fitur baru yang diharapkan bisa menjadi magnet buat calon konsumen.

Kayaknya gak berlebihan kalau Scoopy dibilang sebagai salah satu skutik populer di Tanah Air. Dan tentunya gak sedikit Gilmoters yang penasaran dengan impresi mengendarai generasi terbarunya. Maka itu Bang Gilmot akan ceritakan pengalaman riding dengan All New Honda Scoopy saat acara peluncurannya, Rabu, 29 Maret 2017 kemarin di Jakarta.

Baca juga: Lebih Dekat dengan All New Honda Scoopy

Review All New Honda Scoopy

Pertama, Bang Gilmot ingin menceritakan kepraktisan yang ditawarkan All New Honda Scoopy. Karena gak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan konsumen skutik mengincar sisi kepraktisan dari sebuah kendaraan roda dua. Scoopy lama dinilai punya kapasitas bagasi yang sudah cukup besar. Makanya, produsen mempertahankan volume bagasi sebesar 15,4 liter itu pada All New Honda Scoooy.

Kapasitas tersebut cukup untuk manaruh helm atau barang-barang keperluan riding lainnya. Soal kepraktisan ini, Gilmoters masih mendapat bonus berupa laci penyimpanan terbuka yang berada di bawah rumah kunci kontak. Dan satu buah laci penyimpanan tertutup di sisi lain dek depan. Laci penyimpanan tertutup ini juga menjadi lokasi soket power tersedia.

Review All New Honda Scoopy

Soket power yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi ulang daya ponsel pintar itu menjadi salah satu fitur bernilai yang dimiliki oleh All New Honda Scoopy. Selain alarm anti maling dan sistem answer back. Untuk fitur yang terakhir disebut berguna membantu Gilmoters menemukan motor ketika sulit mencarinya di lokasi parkir yang luas.

Gak jauh dari bagian tersebut, Gilmoters bisa melihat desain speedometer All New Honda Scoopy juga memperoleh sentuhan segar. Menariknya, kini terdapat Eco Indicator berupa lampu warna hijau yang akan membantu Gilmoters untuk menerapkan gaya berkendara hemat bahan bakar. Cara kerjanya dalam memberitahu seberapa hemat Gilmoters berkendara sama dengan yang ada di generasi terbaru Honda BeAT. Semakin terang lampu hijau menyala, maka artinya semakin hemat Gilmoters berkendara.

Review All New Honda Scoopy

Lalu, memangnya seberapa hemat sih All New Honda Scoopy? Bang Gilmot memang gak sempat mengetesnya, tapi produsen berani mengklaim model ini mampu menyuguhkan konsumsi bahan bakar yang irit di kelasnya mencapai 59 km/liter melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3 (EURO 2 = 61,9 km/liter). Klaim pabrik lainnya adalah All New Honda Scoopy punya catatan waktu akselerasi 12,73 detik untuk mencapai 200m dan kecepatan maksimum mencapai 91,3 km/jam (menggunakan alat uji performa).

Performa All New Honda Scoopy tersebut bisa Gilmoters rasakan dari atas joknya yang punya bentuk gak jauh berbeda dengan generasi terdahulu. Duduk di atasnya cukup nyaman, namun posisi berkendara untuk rider dengan tinggi badan 180 cm seperti Bang Gilmot memang agak “maksa.” Posisi pijakan kaki di dek depan terasa terlalu tinggi sehingga memaksa lutut sangat dekat dengan setang. Terutama ketika berbelok.

Review All New Honda Scoopy

Namun, harus diakui ada rasa percaya diri lebih ketika menunggangi All New Honda Scoopy. Gak lain berkat penggunaan roda 12 inci yang punya profil cukup lebar atau tepatnya 100/90 – 12 di depan dan 110/90 – 12 untuk belakang. Ban sudah menggunakan model tubeless dan memanfaatkan produk IRC untuk unit yang Bang Gilmot coba. Meski ukuran lingkar roda menciut (Scoopy lama memakai diamater 14 inci) tapi AHM mengklaim ground clearance motor justru naik tiga persen lebih tinggi menjadi 143 mm.

Penggunaan ban dengan profil lebar tersebut bikin Bang Gilmot lebih yakin untuk melahap tikungan-tikungan yang ada di area pengujian. Menariknya lagi, walau menggunakan ban lebar, tapi kemudi tetap terasa mudah dikendalikan.

Review All New Honda Scoopy

Soal performa, All New Honda Scoopy memang bukan dibuat untuk kencang-kencangan. Maka gak aneh kalau tenaga yang dikeluarkan mesin 110 cc eSP (Enhanced Smart Power) terasa “halus”. Mesinnya sendiri bisa mengeluarkan tenaga puncak mencapai 6,7 kW (9,1 PS) / 7.500rpm dan torsi 9,4 Nm (0,96 kgf.m) / 6.000rpm.

Terakhir, soal desain, ciri khas All New Honda Scoopy sebagai skutik retro masih terlihat kental dari bentuk bodinya. Soal bagus atau tidak memang sangat tergantung dengan selera masing-masing orang. Namun yang jelas AHM berupaya “mempercantik” penampilannya dengan lampu depan LED yang kini desainnya menyatu dengan sein. Sekilas bentuknya menyerupai sayap.

Review All New Honda Scoopy

Totalnya ada delapan varian warna baru dengan tema Sporty, Stylish dan Playful yang dapat dipilih sesuai dengan gaya unik Gilmoters. Untuk harga biasanya berbeda-beda di setiap daerah, namun untuk On the Road Jakarta, All New Honda Scoopy dilepas Rp17,8 juta.(mdp)

11 COMMENTS