6
12202

Stop 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Mengendarai Motor!

GilaMotor.com – Pagi ini Bang Gilmot baca berita yang bikin hati ngenes. Diberitakan sebuah portal berita nasional, seorang perempuan di Yogyakarta matanya terkena puntung rokok ketika sedang mengendarai motor, Gilmoters.

Puntung rokok tersebut berasal dari pengendara motor lain yang membuangnya secara sembarangan. Nah lho, berkendara kok bikin celaka orang lain bro? Perempuan tersebut sudah menggunakan helm yang dilengkapi visor, tapi gerimis yang turun memaksanya untuk membuka visor.

Singkat cerita, untungnya perempuan tersebut tidak mengalami luka serius.

Kisah nahas perempuan tersebut hanyalah satu dari sekian banyak contoh akibat kebiasaan buruk pengendara motor di jalanan. Sadar atau tidak, kebiasaan buruk ini suka kita lakukan sehari-hari dan berisiko mencelakai pengguna jalan lain. Makanya, mari stop lima kebiasaan buruk ini sebelum makan korban.

Main Handphone Jadi Enggak Fokus ke Jalan

Stop 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Mengendarai Motor!
Jangan ditiru Gilmoters. (Foto: Tandapagar.com)

Kebiasaan ini sangat fatal, Gilmoters. Sudah seharusnya konsentrasi biker seratus persen tertuju pada jalan ketika sedang berkendara. Tidak terpecah pada aktivitas lain, seperti mengoperasikan handphone.

Melaju Lamban di Lajur Kanan

Stop 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Mengendarai Motor! 02
(Foto: News Room Phillips)

Selama Gilmoters berkendara di jalan raya Indonesia, maka lajur kanan dipertuntukkan bagi kendaraan yang melaju lebih cepat atau hendak mendahului. Kalau Gilmoters melaju lamban di lajur kanan, bisa jadi bikin lalu lintas tersendat. Bahkan enggak tertutup kemungkinan “disundul” kendaraan lain yang kurang hati-hati dari belakang.

Bawa Muatan Berlebihan Bikin Enggak Seimbang

Stop 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Mengendarai Motor! 03
(Foto: Hiveminer.com)

Lebih gawat lagi kalau barang bawaan tersebut tidak terikat dengan baik. Bisa-bisa terjatuh lalu tercecer dan bikin kacau jalanan. Enggak jarang juga Bang Gilmot lihat pengendara motor yang bawa barang berukuran jumbo sehingga menghalagi pandangan ke belakang dari kaca spion.

Ngoborol dari Motor ke Motor

Stop 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Mengendarai Motor! 4

Ketemu teman sesama pemotor di jalan memang seru. Tapi bukan berarti kita boleh ngobrol dari motor ke motor, Gilmoters. Kebiasaan buruk ini biasanya dilakukan dengan posisi motor jajar samping. Karenanya pengguna jalan lain jadi kagok.

Enggak Peduli Kondisi Motor

Stop 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Mengendarai Motor! 05
(Foto: Motorbeam.com)

Siapa sangka kebiasaan mengabaikan kondisi motor bisa berujung bencana bagi diri sendiri dan orang lain? Contoh sederhananya, lalai memastikan kondisi rem dalam performa terbaiknya. Kalau tiba-tiba rem enggak menggigit lagi alias blong kan bisa gawat, Gilmoters.

Bagaimana tanggapan Gilmoters? Coba kasih tahu Bang Gilmot kalau ada yang kebiasaan buruk lain yang belum disebut.(mdp)

6 COMMENTS