Ali Adrian | Foto: Istimewa
7
2862

Ali Adrian Raih Poin Perdana di Seri Ketiga WSS300 2017

GilaMotor.com – Gilmoters ada kabar menggembirakan nih dari kejuaraan World Supersport300 (WSS300) 2017 putaran ketiga. Pembalap asal Indonesia, Ali Adriansyah Rusmiputro berhasil mendulang poin perdananya di seri yang berlangsung di sirkuit Imola, Italia (14/5) lalu tersebut.

Pembalap tim Pertamina Almeria Racing Team ini berhasil menyelesaikan balapan di posisi ke-14 dari 37 pembalap yang berlaga. Ini merupakan pencapaian yang cukup menggembirakan Gilmoters. Pasalnya di dua seri sebelumnya, Ali Adrian belum mampu memetik poin lantaran gagal finish.

Terlebih saat melakoni sesi latihan pertama, Ali Adrian hanya mampu mencatatkan waktu terbaik 2 menit 16 detik. Namun usai melakukan evaluasi dengan tim dan melakukan beberapa settingan pada sistem elektronik motornya, torehan waktunya kian membaik Gilmoters. Di sesi latihan kedua Ali Adrian mampu mempertajam catatan waktunya dua detik lebih cepat yakni 2 menit 13,919 detik.

Hasil tersebut membuat Ali Adrian lebih percaya diri dan optimis dengan kemampuannya. Bahkan ia dan pelatihnya kembali melakukan improvisasi dengan mengubah mapping Electronic Control Unit (ECU) tunggangannya. Hal ini dimaksudkan agar performa Ali Adrian lebih agresif lagi Gilmoters.

Sayang saat melakukan sesi kualifikasi, ia mengalami sedikit kendala pada motornya sehingga catatan waktunya kembali melorot. Torehan waktu terbaiknya di sesi kualifikasi hanya 2 menit 14,799 detik sehingga membuatnya harus start dari posisi ke-26.Meski demikian, semangat penggeber Yamaha YZF-R3 tersebut tidak kendor sedikit pun Gilmoters. Ia bahkan merasa balapan kali ini ia memiliki potensi besar untuk meraih poin.

Lepas start, Ali Adrian langsung melesat dan mampu menempati posisi ke-22 usai melewati tikungan pertama. Dan satu lap berikutnya ia mampu merangsek ke posisi 17 meski sempat mendapat perlawanan dari pembalap lain.

Saat memasuki tiga lap terakhir ia sempat berhasil menyusul pebalap asal Belanda, Scott Deroue. Namun tetap mendapat tekanan dari rider lain hingga bersenggolan dan ban depannya sedikit slide. Akan tetapi berkat konsistensinya ia mampu lepas dari tekanan dan sukses menyusul yaitu Alex Murley untuk mengamankan posisi ke-14

“Dari awal start saya sempat melihat ada beberapa pembalap yang terjatuh, fokus saya hanya bisa menyusul pebalap yang berada di depan saya saat itu. Pokoknya ada pebalap di depan harus saya susul. Pada akhirnya saya mendapatkan lap time yang bagus dan bisa terus melaju, Alhamdulillah sudah dapat confidence-nya, ritme dengan motor juga semakin baik. Insya Allah race berikutnya juga bisa lebih baik lagi,” tutur Adrian.

Pencapaian ini jelas sangat menggembirakan baginya dan tim, bahkan David Garcia selaku manager mengapresiasi hasil tersebut Gilmoters. “Adrian telah menunjukkan bahwa ia sudah berkembang dengan baik dan berhasil mendapatkan dua poin perdananya. Hal itu cukup baik untuknya, ia pun dapat melakukan fight race dengan pebalap hebat lainnya. Dan terlihat ia semakin nyaman dengan motor Yamaha YZF-R3 yang ditungganginya. Bahkan best time yang ia dapat lebih baik dari latihan bebas dan kualifikasi, yaitu 2 menit 12,641 detik. Saya cukup senang dan tidak sabar untuk melihat penampilan Adrian selanjutnya.”

Ali Adrian masih akan berburu poin di seri keempat ajang WSS300 2017 yang akan berlangsung di Sirkuit Donington Park, United Kingdom (26-28/5) mendatang. Untuk itu mari kita doakan bersama semoga pencapainnya di seri selanjutnya akan lebih baik.(okz)

7 COMMENTS