9
11960

Ini Alasan Jangan Remehkan Kualitas Tangki Kustom

GilaMotor.com – Mungkin Gilmoters beranggapan kalau tangki kustom kualitasnya gak sebaik buatan pabrik. Tunggu dulu, gak semuanya benar loh Gilmoters. Jangan mentang-mentang buatan pabrik menggunakan mesin yang terkomputerisasi Gilmoters langsung memandang sebelah mata buatan tangan builder bengkel kustom.

Ingat peribahasa ‘don’t judge the book from the cover’ itu berlaku loh Gilmoters. Hal ini berlaku untuk tangki kustom buatan bengkel Puspa Kediri Custom. Di bengkel ini tangki kustom dibuat menggunakan material yang lebih tebal dari buatan pabrik.

Baca Juga: Kustom Yamaha Scorpio: Sederhana, Klasik Nan Fungsional

“Di sini biasa membuat tangki dengan bahan dasar alumunium atau plat galvanis dengan ketebalan 1,2 mm. Atau lebih tebal jika dibandingkan dengan buatan pabrik yang hanya 0,8 mm,” buka builder Puspa Kediri Custom, Aris.

Ini karena ketebalan 1,2 mm dianggap lebih kuat dan mudah untuk dibuat pola. “Kalau yang 0,8 mm itu jika dibuat pola akan ‘mletot-mletot’. Jadi lebih pas yang punya ketebalan 1,2 mm. Dan untuk mengakali supaya gak berat, dempul harus tipis. Sehingga untuk membuat sebuah tangki harus benar-benar teliti dan telaten,” lanjutnya.

Meskipun dibuat dengan ketelitian dan keuletan yang tinggi, tangki hand made berbahan dasar plat galvanis juga memiliki kekurangan yaitu karat. Untuk itulah setelah selesai dibuat, bagian dalam tangki diberi poxy Gilmoters. “Ada juga yang menggunakan cairan resin untuk melapisi bagian dalam tangki agar tidak berkarat. Namun saya tidak merekomendasi karena bahan itu sangat mudah terbakar jika ada proses pengelasan,” sambungnya.

Meskipun dibuat dengan cara hand made, soal kualitas tangki motor custom juga gak bisa diremehkan. Justru dari tangan-tangan yang berpengalaman, gak hanya sebuah tangki saja yang dibuat, namun juga sebuah mahakarya.

“Hingga saat ini belum ada satu pun konsumen yang mengalami kebocoran pada tangki buatan kami. Dan semoga saja kedepannya akan terus aman seperti itu,” tutup pria yang gemar guyon tersebut.(okz)

9 COMMENTS