Foto: Autoevolution
7
1085

Motor Trail 2-Tak KTM Bermesin Injeksi Gak Bikin Ribet ‘Nyeting’

GilaMotor.com – Kehadiran motor trail 2-tak KTM bermensin injeksi sudah semakin dekat. Sementara ini ada dua model yang dipersiapkan, yaitu KTM 250 EXC TPI dan 300 EXC TPI. Kedua model dipastikan menggunakan teknologi injeksi bahan bakar yang memberi sejumlah keuntungan buat para off roader.

“Tujuan kami adalah menciptakan motor enduro 2-tak yang tidak rumit, sekaligus mempertahankan nuansa mesin karburator, namun dengan segala keuntungan injeksi bahan bakar,” terang Joachim Sauer, Product Marketing Offroad KTM dikutip dari Autoevolution, Selasa, 16 Mei 2017.

“Ini termasuk mengeliminasi kebutuhan untuk bahan bakar pra-campuran atau mengubah pengaliran untuk kondisi lingkungan yang berbeda, yang merupakan kuntungan besar bagi pengendara untuk bebas gangguan, kesenangan 2-tak,” lanjut Sauer.

Foto: Autoevolution
Foto: Autoevolution

Sistem injeksi KTM yang telah dipatenkan menggunakan dua buah injektor yang menuju ke dalam satu saluran silinder. Membuat kerja mesin lebih lembut sekaligus menekan tingkat konsumsi bahan bakar secara drastis.

Keuntungan besar buat off roader dari penggunaan sistem injeksi bahan bakar ini tentunya adalah gak perlu lagi mengubah-ubah settingan, Gilmoters.

KTM 250 EXC TPI dan 300 EXC TPI membawa sejumlah komponen baru yang dikembangkan khusus untuk mootor-motor ini. Di antaranya, throttle body, EMS (Engine Management System), dan ECU (Electronic Control Unit) yang terhubung dengan sejumlah sensor untuk menciptakan waktu pengapian dan pengabutan yang sempurna.

Penggunaan teknologi injeksi bahan bakar untuk motor trail 2-tak terbilang unik. Jadi gak aneh kalau kelahiran KTM 250 EXC TPI dan 300 EXC TPI  akan menjadi motor trail 2-tak bermesin injeksi pertama di dunia.

KTM 250 EXC TPI dan 300 EXC TPI bisa dibeli konsumen Eropa mulai Juni 2018.(mdp)