5 Motor Cafe Racer Legendaris - Cover
5 Motor Cafe Racer Legendaris
14
15268

5 Motor Cafe Racer Legendaris, Bisa Jadi Inspirasi Custom!

GilaMotor.com – Gilmoters mungkin melihat kalau sekarang lagi ngetren yang namanya motor custom. Dan salah satu ‘produk’ dari fenomena ini adalah motor cafe racer. Walaupun, masih ada beberapa gaya motor custom lainnya yang eksis, seperti scrambler, bobber, brat style dan lain-lain.

Motor cafe racer membawa keunikannya tersendiri dan latar belakang yang menarik buat dipahami, Gilmoters. Menurut artikel di TheGaspol.com, kemunculan motor cafe racer tak lepas dari pergerakan subkultur Rocker di Inggris pada awal era 1960-an. Mereka menginginkan kendaraan yang bisa membawanya dari satu cafe ke cafe lainnya. Lebih bagus lagi kalau bisa dipacu dengan kecepatan penuh.

Dari situ lahirlah motor cafe racer yang membawa ciri-ciri tampilan minimalis. Modifikasinya mengacu pada tampilan motor-motor Grand Prix jaman dulu. Misalnya, penggunaan handlebar clip on atau stang jepit. Sedangkan, kapasitas mesinnya sendiri gak terlalu besar, Gilmoters.

Sampai sekarang cafe racer masih punya tempat istimewa dalam dunia roda dua. Pabrikan-pabrikan besar juga masih membuat motor yang punya buritan layaknya butut tawon ini. Di samping banyak pula biker yang secara individu mengubah motor standarnya sehingga berwujud cafe racer.

5 Motor Cafe Racer Legendaris

5 Motor Cafe Racer Legendaris - Royal Enfield Continental GT
5 Motor Cafe Racer Legendaris – Royal Enfield Continental GT

1/ Royal Enfield Continental GT

Sejarah mencatat Continental GT merupakan salah satu model yang diproduksi sampai Royal Enfield vakum pada 1967. Motor ini kembali hadir pada tahun 2012 lewat pameran otomotif Auto Show di New Delhi, India. Menggunakan desain yang lebih segar dan mesin 535 cc satu-silinder.

5 Motor Cafe Racer Legendaris - Moto Guzzi V7
5 Motor Cafe Racer Legendaris – Moto Guzzi V7

2/ Moto Guzzi V7 Racer

Dengan tampilannya yang didominasi krom, Moto Guzzi V7 Racer punya kesan mewah dan bisa dibilang agak menyimpang dari “ruh” kaum Rocker yang cadas. Tapi dengan mesin V-twin, 744cc, motor ini punya performa yang sangat mumpuni untuk digunakan membelah jalanan kota.

5 Motor Cafe Racer Legendaris - Norton Commando
5 Motor Cafe Racer Legendaris – Norton Commando

3/ Norton Commando 961 Café Racer

Motor ini dibuat mereplika gaya lawas cafe racer namun dengan dilengkapi komponen-komponen modern. Norton Commando 961 Café Racer dibekali jantung pacu cukup besar, yakni 961cc.

5 Motor Cafe Racer Legendaris - BMW R nineT
5 Motor Cafe Racer Legendaris – BMW R nineT

4/ BMW R NineT

BMW R NineT hadir dengan desain yang modern. Dalam kondisi standar, nuansa cafe racer juga belum begitu kental. Sehingga masih dibutuhkan penambahan beberapa komponen. Tetapi hal tersebut seolah-olah mengembalikan budaya kustom yang mendasari kelahiran cafe racer. Performa BMW R NineT ditopang oleh mesin 1.170 cc dengan bentuk flat twin (Boxer) yang telah melegenda.

5 Motor Cafe Racer Legendaris - Triumph Thruxton
5 Motor Cafe Racer Legendaris – Triumph Thruxton

5/ Triumph Thruxton

Sepeda motor ini telah menjadi ikon sejak merebaknya “wabah” cafe racer pada era 1960-an. Dengan menggunakan basis mesin Bonneville yang berkapasitas 865 cc, motor ini tidak hanya tampil gaya dengan desain retro modern tapi juga memiliki performa di atas rata-rata.

Nah, dari deretan motor cafe racer yang sudah Bang Gilmot tunjukkin di atas, mana yang jadi model favorit Gilmoters? Coba sebutkan dan share alasannya.(mdp)

14 COMMENTS