Cara Membersihkan Rantai Motor
Cara Membersihkan Rantai Motor. Foto: Shutterstock
12
3882

8 Langkah Cara Membersihkan Rantai Motor

GilaMotor.com – Seiring penggunaan sehari-hari, rantai motor perlu mendapat perawatan, Gilmoters. Perawatan rantai motor diperlukan karena bagian ini punya fungsi yang sangat vital, yaitu menyalurkan tenaga ke roda sehingga bisa membuatnya berputar. Langkah rutin yang Gilmoters bisa lakukan untuk merawat rantai motor adalah membersihkannya. Buat awam yang masih meraba-raba caranya, inilah tips cara membersihkan rantai motor.

Banyak jenis kotoran yang bisa menempel di rantai motor. Mulai dari debu, tanah, kerikil, sampai serpihan aspal. Apabila dibiarkan, hal ini akan memperparah gesekan yang ada di rantai motor. Dan gak menutup kemungkinan juga memangkas usia pakainya karena berpotensi merusak permukaan gir atau rantai. Kemungkinan ini bisa dicegah seandainya Gilmoters mau melakukan langkah pembersihan.

Dalam artikel ini Gilmoters akan menemui cara membersihkan rantai motor dan cara melumasi ranti motor menggunakan chain lube. Sengaja dua hal ini Bang Gilmot lebur dalam satu artikel karena keduanya adalah aktivitas perawatan rantai motor yang sebaiknya dilakukan berurutan, Gilmoters.

Cara Membersihkan Rantai Moto
Cara Membersihkan Rantai Motor. Foto: Shutterstock

Cara Membersihkan Rantai Motor

1. Kenali Jenis Rantai

Gak semua rantai motor itu sama, lho, Gilmoters. Mengutip situs roda dua terpercaya, Revzilla, seenggaknya ada dua jenis rantai motor berdasarkan material. Yang pertama, rantai motor yang sepenuhnya menggunakan bahan metal. Di samping itu ada pula rantai motor yang memiliki seal karet di antara sambungannya. Biasanya, seal karet tersebut berbentuk bulat atau yang biasa disebut O-ring. Tujuan adanya seal tersebut adalah memperpanjang usia pakai dengan mengurangi gesekan yang terjadi.

Rantai yang sepenuhnya terbuat dari metal lebih gampang dibersihkan karena Gilmoters gak perlu khawatir adanya karet yang rusak. Jadi Gilmoters bisa mengelap atau menyikatnya secara agresif.

2. Mengatur Posisi Motor

Cara membersihkan rantai motor sebenarnya cukup mudah, Gilmoters. Untuk memulainya pertama-tama Gilmoters harus mengatur posisi motor terlebih dahulu. Gunakan standar tengah atau bisa juga paddock stand. Inti dari langkah ini adalah untuk mengangkat roda belakang sehingga bisa bergerak bebas. Ini akan bikin proses jadi lebih efisien.

3. Periksa Kondisi Rantai dan Gir

Proses membersihkan rantai motor juga bisa menjadi waktu yang pas buat memeriksa kondisi rantai dan gir motor, Gilmoters. Coba saja periksa untuk mengetahui apakah ada bagian gir rantai yang patah ataupun bentuk kerusakan lainnya.

Gilmoters juga bisa mengecek master link atau mata rantai. Bagian rantai yang berfungsi menyatukan dua ujung rantai. Untuk mengetahuinya, bisa diidentifikasi dari bentuknya. Bentuk mata rantai beda sendiri dengan rantai lainnya. Biasanya terdapat semacam penjepit di bagian sampingnya.

4. Memanfaatkan Chain Cleaner

Sampai pada poin ini, Gilmoters tiba di waktunya melunturkan segala bentuk pelumas yang menempel di rantai. Yang kita asumsikan sudah gak steril lagi karena terkontaminasi berbagai jenis kotoran. Untuk melakukannya Gilmoters bisa memanfaatkan produk chain cleaner yang banyak beredar di pasaran. Perlu diingat, chain cleaner berbeda dengan chain lube atau pelumas rantai.

5. Gosok Rantai Untuk Membersihkannya

Bisa dibilang inilah inti dari cara membersihkan rantai motor. Gilmoters dapat melakukan proses menggosok rantai motor menggunakan sikat gigi atau sikat khusus rantai motor yang mampu membersihkan keempat sisi rantai motor sekaligus. Rantai yang bersih nantinya bakal punya kinerja yang lebih baik apabila turut dilumasi chain lube kembali, Gilmoters.

6. Bilas dengan Chain Cleaner

Usai langkah penggosokan, kemungkinan masih ada kotoran yang tertinggal di permukaan rantai. Jadi Gilmoters disarankan untuk kembali menggunakan chain cleaner buat mengangkat sisa-sisa sikatan tersebut. Langkah ini biasanya banyak dilupakan, alhasil proses cara membersihkan rantai motor jadi gak maksimal.

7. Keringkan Rantai Motor

Setelah proses di atas, Gilmoters bisa mengeringkan rantai motor. Alasannya, setelah ini adalah waktunya menyemprotkan chain lube. Dan penggunaan chain lube gak akan maksimal apabila banyak air di rantai. Mengeringkan rantai motor bisa dengan cara mengelapnya.

8. Melumasi Rantai Motor dengan Chain Lube

Inilah langkah terakhir dari proses cara membersihkan rantai motor. Semprotkan chain lube secara teliti dan pastikan chain lube ikut melumasi sela-sela rantai.

(mdp)

12 COMMENTS