Cara Mengkilapkan Body Motor
Cara Mengkilapkan Body Motor. Foto: Shutterstock
15
32193

3 Langkah Cara Mengkilapkan Body Motor Sendiri di Rumah

Banyak cara mengkilapkan body motor, salah satunya menggunakan jasa detailing. Walau sebenarnya Gilmoters juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

GilaMotor.com – Ada anggapan yang bilang bahwa kebersihan kendaraan mencerminkan kepribadian pemiliknya. Motor yang selalu kinclong terjaga, pemiliknya bisa dibilang apik dalam melakukan perawatan. Begitu juga sebaliknya. Nah, sekarang coba tengok kondisi motor Gilmoters. Kalau sudah banyak kotoran di body motor, mungkin tiba waktunya bersih-bersih. Dan berikutlah cara mengkilapkan body motor yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cara Mengkilapkan Body Motor

1. Cuci Motor

Bang Gilmot rangkum dari situs Honda UK, langkah awal yang bisa Gilmoters lakukan untuk bikin body motor mengkilap adalah dengan mencucinya terlebih dahulu. Ketika mencuci motor, usahakan perhatikan beberapa hal ini:

  • Hindari penggunaan produk pembersih yang bukan dibuat untuk cuci motor. Karena bisa jadi produk tersebut mengandung deterjen yang ‘jahat’ buat body motor.
  • Kalau motor habis dipakai, gak perlu buru-buru mencucinya. Lebih baik menunggu mesin dingin. Hati-hati kenalpot yang panas juga, bro.
  • Waktu mencuci motor gak perlu menggunakan air bertekanan tinggi. Banyak ahli menyarankan hal ini karena air bertekanan tinggi justru berpotensi merusak bagian motor tertentu. Salah satunya body motor itu sendiri, Gilmoters.
  • Sabuni body motor dengan air biasa (gak perlu air hangat) untuk melunturkan kotoran-kotoran yang menembel di body motor.
  • Basuh body menggunakan spon atau lap mikro fiber. Kalau bisa disiapkan dua buah. Satu untuk membersihkan bagian-bagian motor yang berminyak, satu lagi buat body motor.
  • Ketika selesai mencuci motor, bilas semua bagian body motor dengan air. Jangan sampai ada sisa sabun yang ketinggalan, Gilmoters. Karena residu dari produk pembersih tersebut juga gak baik buat body motor.
  • Setelah itu keringkan body motor. Bisa dengan cara dilap menggunakan kain mikro fiber yang bersih sambil menyalakan mesinnya. Pastikan juga komponen-kompenen pengeremen kering.

2. Poles Body Motor

Inilah langkah selanjutnya dari cara mengkilapkan body motor yang bisa Gilmoters lakukan sendiri di rumah. Setelah mencuci motor secara benar, kemudian waktunya memoles body motor. Gilmoters bisa melakukannya dengan memanfaatkan produk polish atau wax yang beredar di pasaran. Namun, yang perlu diingat, hanya gunakan polish atau wax yang bersifat non- abrasive. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Gilmoters bisa memperhatikan cara pakai yang tertera di kemasan produk.

3. Jangan Lewatkan Komponen Metal

Gak cuma body motor yang harus dibikin mengkilap, Gilmoters. Bagian-bagian yang terbuat dari metal seperti pelek, kenalpot, bahkan mesin juga perlu dijaga kondisi kebersihannya. Karena pada kenyataannya kebersihan bagian-bagian ini bisa bikin body motor terkesan lebih kinclong.

Penanganan bagian-bagian ini bisa dimulai ketika Gilmoters masih dalam tahap pencucian. Hindari penggunaan sikat kawat atau apapun yang dirasa bisa ‘melukai’ permukaannya. Setelah itu bisa gunakan polish atau wax untuk memberikan kilap maksimal.

Selamat mencoba Gilmoters!

15 COMMENTS