6
2379

Hadapi SAC 2017 Putaran 4, Pembalap Suzuki Indonesia Mulai Lakukan Persiapan

GilaMotor.com – Menjelang Suzuki Asian Challenge (SAC) 2017 putaran keempat yang akan berlangsung di Sentul International Circuit, Jawa Barat (12-13/8) mendatang. Pembalap andalan Team Suzuki Indonesia tentunya harus berjuang ekstra keras Gilmoters. Pasalnya persaingan memperebutkan posisi puncak klasemen SAC 2017 begitu ketat. Terlebih putaran keempat mendatang, Indonesia menjadi tuan rumah.

Untuk itulah, Team Suzuki Indonesia yang diperkuat oleh Nur Al Fath, Ahmad Saugi dan Chepy Armansyah butuh persiapan yang matang. Mereka pun sudah mulai melakukan sesi latihan dan menyusun strategi di sirkuit Sentul (19/7) lalu Gilmoters.

Untuk menghadapi putaran keempat mendatang, ketiga pembalap andalan Suzuki Indonesia ini berkonsentrasi pada pemilihan racing line yang tepat dan cepat. Ini dikarenakan banyaknya permukaan aspal di lintasan yang kondisinya bisa dibilang mengenaskan. Meski demikian kondisi lintasan yang kurang sempurna itu justru menjadi tantangan tersendiri bagi ketiganya Gilmoters. Sedangkan celah lebar sirkuit Sentul masih dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir hilangnya catatan waktu.

Sesi latihan yang berlangsung selama 2,5 jam ini memang sangat menguras tenaga, tapi kepuasan dalam menemukan celah terbaik bisa mereka temukan. Salah satunya ada permukaan aspal yang perlu dihindari di beberapa titik tikungan dengan sedikit mengubah racing line dari biasanya. Alhasil, konsistensi pemangkasan catatan waktu sekitar 1 detik mampu diperoleh.

Selain latihan di lintasan, persiapan lain yang dilakukan oleh ketiga pembalap ini meliputi latihan fisik untuk menjaga stamina. Serta latihan meningkatkan konsentrasi agar target utama yaitu mendominasi podium SAC 2017 seri 4 ini dapat terwujud.

“Dari hasil latihan Team Suzuki Indonesia, kami mengevaluasi kembali racing line terbaik agar lebih terbiasa, terutama untuk Al Fath yang posisinya sedang baik. Ada beberapa sektor tikungan Sentul yang perlu diwaspadai oleh pebalap. Mereka telah menemukan taktik terbaik untuk menaklukan tikungan-tikungan yang dianggap berbahaya. Strategi untuk di SAC nanti adalah team order agar bisa mencapai juara 1,2 dan 3, serta mengamankan seluruh poin kelasemen 3 besar di putaran Sentul besok,” ungkap Robert Satrio yang memimpin Team Suzuki Indonesia.(okz)

6 COMMENTS