9
2967

Indonesia Supermoto Championship 2017 Putaran 1 Sedot Animo Komunitas

GilaMotor.com – Putaran perdana Indonesia Supermoto Championship 2017 yang berlangsung di Sentul Karting Circuit, Jawa Barat (22-23/7) mendapat antusiasme yang cukup besar dari pecinta supermoto di tanah air Gilmoters. Dalam ajang balap aspal dan tanah ini, ngga hanya menarik antusiasme pembalap profesional namun juga dari komunitas supermoto.

“Respon kejuaraan ini sangat tinggi terlebih dari anak-anak komunitas. Bahkan sebelum digelar, hampir setiap hari mereka menanyakan tentang kejuaraan ini,” ungkap Endiyatmo Widagdo, Event Director.

Memang, dalam Indonesia Supermoto Championship 2017 yang juga disponsori oleh Evalube ini, pihak penyelenggara turut membuka kelas khusus komunitas. Tercatat ada tiga kelas yang dibuka yaitu, SM Lite 150 Komunitas, SM Pro Stock 175 Komunitas dan SM Superstock Komunitas yang disatukan dengan SM Super Stock Open Pro.

“Kami juga melibatkan komunitas dalam pengambilan kelas-kelas yang akan diperlombakan. Lalu kami formulasikan kelas apa saja yang sering ada pada saat mereka ikut fun race,” lanjut Endiyatmo.

Sayangnya, lantaran kurangnya informasi antara penyelenggara dengan para calon peserta, pada sesi scrutineering justru banyak starter yang ngga lolos Gilmoters, khususnya dari kelas komunitas. Padahal mereka sudah semangat banget, bahkan ada yang setting motor hingga larut malam.

“Demi faktor keselamatan banyak yang ngga lolos, karena motor mereka ngga sesuai regulasi. Sebagai contoh penggunaan disc brake berdiameter 260 mm, padahal seharusnya menggunakan yang berdiameter 280 mm,” tutupnya.(okz)

9 COMMENTS