Istilah MotoGP
14
83552

5 Istilah MotoGP yang Perlu Kamu Tahu

GilaMotor.com – Inilah beberapa istilah MotoGP yang perlu kamu tahu. Setelah mengetahuinya, dijamin nonton balapan MotoGP live di TV atau bahkan di sirkuit bakal semakin seru, Gilmoters.

MotoGP bisa dibilang sebagai ajang balap motor paling bergengsi di dunia saat ini. Aksi para pembalap dan drama persaingan di dalamnya berhasil membuat banyak pasang mata untuk menyaksikannya.

Dimulai tahun 1949, MotoGP sudah berlangsung cukup lama. Dan seiring perkembangan dunia balap maka muncul juga banyak istilah di MotoGP. Istilah ini banyak digunakan oleh meraka yang ada di dalam arena balap, komentator, atau bahkan media.

Daftar Istilah MotoGP

Istilah MotoGP - Apex

1/ Apex

Apex adalah titik paling dalam dari sebuah tikungan. Para rider selalu berusaha berada di posisi paling dekat dengan apex ketika melewati tikungan. Tujuannya meminimalisir sudut tikung jadi bisa tetap melaju kencang.

Istilah MotoGP - Chicane

2/ Chicane

Chicane adalah dua tikungan beturut-turut dengan arah yang berlawanan. Sehingga seperti membentuk huruf “S”. Misalnya, tikungan ke kanan langsung disambung tikungan ke kiri. Chicane merupakan salah satu tantangan bagi para rider karena membutuhkan ketangkasan yang jempolan.

Istilah MotoGP - Low Side

3/ Low Side

Pernahkah Gilmoters melihat pembalap MotoGP yang terjatuh di tikungan seperti tergelincir? Kemungkinan sebabnya adalah low side. Low side adalah situasi ketika ban belakang atau kedua roda kehilangan grip ketika motor menikung. Sampai akhirnya bikin pembalap terjatuh.

Istilah MotoGP - Slipstream

4/ Slipstream

Contoh dari yang dinamakan slipstream adalah ketika seorang rider membuntuti rider di depannya di lintasan lurus untuk memanfaatkan angin yang “terbelah”. Hingga tiba saatnya momentum untuk menyalip dengan bantuan angin tersebut.

Istilah MotoGP - Wildcards

5/ Wild Card

Wild card bisa dibilang sebagai status atau hak istimewa yang diberikan kepada seorang rider untuk mengikuti satu atau beberapa seri balapan bukan sepanjang musim.

14 COMMENTS