4
1814

Touring Merdeka HMPCI Sambangi Gedung Naskah Linggarjati

GilaMotor.com – Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia tentunya menjadi hari yang sangat penting bagi seluruh bangsa Indonesia. Pun demikian dengan para anggota komunitas dan club sepeda motor yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Semangat mereka begitu menggebu takala memperingati hari bersejarah republik ini. Honda Mega Pro Club Indonesia (HMPCI) juga ngga mau ketinggalan memperingati hari bersejarah ini setiap tahun Gilmoters.

Dalam rangka memperingati HUT RI ke-72, HMPCI kembali menggelar event rutin yakni Touring Merdeka. Yang dimana di tahun keempat penyelenggaraan ini menyambangi gedung naskah perjanjian Linggarjarti. Di tempat bersejarah ini menjadi pusat pelaksanaan kegiatan mereka Gilmoters.

“Touring Merdeka sudah menjadi bagian dari acara tahunan HMPC Indonesia. Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap chapter HMPC melakukan upacara, melakukan kegiatan bakti sosial kepada para veteran hingga menyambangi tempat bersejarah. Hal ini dilakukan untuk memupuk rasa nasionalisme sekaligus mengetahui sejarah perjalanan bangsa Indonesia,” ungkap Ketua Umum HMPCI, Timbul Julianus Pardede.

Sebelum memasuki lapangan upacara gedung naskah Linggarjati, para anggota HMPCI dari berbagai wilayah Jabodetabekci, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Panser-C berkumpul di lapangan Polres Cirebon. Selanjutnya rombongan melakukan konvoi menuju lokasi acara dan disambut oleh 1001 bendera merah putih yang diletakan mengelilingi gedung naskah Linggarjati. Sehingga dari kejauhan warna gedung ini nampak berubah Gilmoters.

“Respon positif diberikan oleh berbagai komunitas lain seperti Paguyuban Motor Cirebon Kota, Paguyuban Honda Kuningan dan Dikyasa Polres Cirebon serta masyarakat sekitar yang turut serta dalam upacara kemerdekaan ini,” tutur Suherman Gito, Sekertaris Daerah HMPCI Regional Jawa Barat.

Usai melaksanakan upacara, seluruh peserta melakukan ramah tamah serta belajar sejarah di tempat tersebut dan acara pun ditutup dengan doa. Setelah itu para peserta melanjutkan perjalanan kembali ke chapter masing-masing.

Oia, Touring Merdeka ini ngga hanya dilakukan di tempat ini Gilmoters. HMPCI chapter Medan, Klaten, Palu, Solok, Bali, Tarjun dan beberapa chapter lain juga turut menggelar Touring Merdeka. (Okz)

4 COMMENTS