7
3452

Konsumsi BBM Boros? Ini Salah Satu Sebabnya

GilaMotor.com – Tentu kita harus punya berbagai cara menyiasati anggaran belanja di tengah kondisi perekonomian yang kurang baik. Terlebih dengan naiknya harga beberapa barang pokok, membuat kita harus semakin pintar mengatur pengeluaran uang.

Namun apa jadinya jika pengeluaran untuk membeli bahan bakar minyak sepeda motor Gilmoters justru semakin membengkak. Lantaran tunggangan kesayangan Gilmoters kian hari kian haus akan bbm sehingga rajin menyambangi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Hal ini pastinya sangat menjengkelkan bukan.

Usut punya usut, salah satu faktor yang membuat sepeda motor Gilmoters boros bbm adalah tekanan angin pada ban. Karena jika tekanan angin si karet bundar kurang dari ukuran yang ditetapkan akan membuat tunggangan Gilmoters boros bahan bakar.

“Kalau tekanan angin pada ban kurang akan berakibat tarikan sepeda motor jadi berat, konsumsi bahan bakar pun jadi boros. Selain itu abrasi ban jadi tidak rata dan meningkatkan potensi kerusakan ban,” ungkap Dodiyanto selaku Marketing & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk.

Lalu bagaimana jika tekanan angin pada ban terlalu tinggi Bang Gilmot?

Ini juga nggak bagus Gilmoters. Tekanan angin yang telalu tinggi juga akan berdampak buruk pada tunggangan Gilmoters. Seperti handling jadi ngga nyaman dan sistem pengereman juga ngga berfungsi dengan baik.

Dengan demikian, tekanan angin pada ban perlu diperhatikan demi mendapatkan performa sepeda motor yang maksimal. Sehingga Gilmoters perlu mengetahui ukuran tekanan angin yang ideal.

“Untuk ban depan itu tekanan anginnya 2.0 +/- 0.2 kg/cm2. Sedangkan untuk ban belakang 2.25 +/- 0,2 kg/cm2. Dan demi kenyamanan dan keselamatan, jangan ragu untuk mengganti ban jika sudah mengalami kebotakan,” tutupnya. (Okz)