Tips Lampu Vario
8
4639

Plus Minus Teknologi Lampu LED Honda Vario 125 dan 150 eSP

GilaMotor.com – Ngga bisa dipungkiri memang bahwa teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini buntut dari tuntutan manusia akan kemudahan dalam menjalani kehidupan. Ngga terkecuali dalam bidang otomotif khususnya roda dua Gilmoters.

Nah kali ini Bang Gilmot mau membahas mengenai teknologi lampu LED yang terdapat pada jajaran skuter matik Honda. Jadi Gilmoters pemilik Honda Vario 125 eSP dan Vario 150 eSP kudu mantengin nih artikel. Pasalnya teknologi LED pada kedua skutik itu punya plus minus Gilmoters.

Baca juga:

Yang pertama plusnya dulu nih Gilmoter. Sepeda motor yang sudah dibekali dengan teknologi LED diklaim lebih irit, awet dan lebih terang hingga 80 persen dibandingkan dengan bohlam. Bahkan ada yang memiliki garansi hingga lima tahun. Selain beberapa hal tersebut, penggunaan lampu LED juga memberikan kesan mewah pada Honda Vario teranyar tersebut Gilmoters.

Namun dibalik semua keunggulan yang ditawarkan lampu LED tentunya juga punya kekurangan. Adapun kekurangan yang dimiliki lampu LED adalah dari segi biaya Gilmoters. Lampu LED terbilang lebih mahal ketimbang lampu jenis bohlam.

Namun Gilmoters ngga perlu khawatir, pasalnya durabilitas lampu LED terbilang lebih baik jadi ngga gampang rusak atau putus.

“Hingga saat ini belum pernah ditemui lampu yang putus, lebih sering penggantian dilakukan mengalami kecelakaan yang menyebabkan lampu pecah,” buka  Service Advisor Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Serimpi-Jakarta Barat, Sumarno.

Lantas bagaimana jika lampu LED Vario 125 eSP atau Vario 150 eSP milik Gilmoters rusak? Jawabannya adalah harus menggantinya satu paket! Dan untuk harganya sendiri, lampu Vario 125 eSP dan Vario 150 eSP dibandrol dengan harga Rp 820 ribu di AHASS Jakarta. Itu diluar ongkos pemasangan ya Gilmoters.

“Lampu LED pada Vario itu bersifat paralel, jadi jika ada satu lampu yang rusak makan keduanya akan mati. Otomatis gantinya harus satu paket,” papar Timbul Suwardi, Kepala Bengkel AHASS Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Dan supaya ngga menyesal di kemudian hari karena asal memasang, Timbul menyarankan jika sebaiknya saat pemasangan dilakukan di bengkel resmi Honda. “Sistem pengunci atau klip pada bodi motor Honda terbaru itu berbeda dari sebelumnya, sehingga perlu diperhatikan. Ini yang membuat Vario jadi minim getaran,” tutupnya.(okz)

8 COMMENTS

  1. Misal 5 tahun baru ganti tp sekali ganti 820 hehe bholam halogen paling sekali ganti 50 misal 5th ganti 10x juga gak begitu terasa.