5
678

Modifikasi KTM 690 SMC-R : Sentuhan Minimalis, Hasil Maksimal

GilaMotor.com – Gilmoter pastinya kenal dong dengan produsen sepeda motor KTM? Pabrikan asal Austria yang identik dengan kelir orange ini menjadi salah satu produsen motor-motor tangguh. Meski memproduksi beragam jenis sepeda motor, namun KTM identik dengan sepeda motor jenis garuk tanah yang mengandalkan durabilitas. Jadi nggak salah jika pecinta motorcross maupun supermoto memilih KTM sebagai tunggangannya.

Pun demikian dengan pemilik KTM 690 SMC-R yang satu ini Gilmoters. Walaupun sudah lahir dengan beragam keunggulan bahkan bisa dibilang ideal, tetap si pemilik merasa ada yang kurang dengan dengang tunggangannya tersebut.

Padahal KTM 690 SMC-R terbilang supermoto ideal, nggak perlu utak atik sudah ciamik.Ya kan?

“Yang punya motor merasa kurang puas dengan KTM 690 SMC-R ini. Jadi minta sedikit modifikasi supaya lebih menarik,” buka Leri Rahmat Rizki, pemilik Caos Custom Bike yang ditunjuk untuk mendandani motor ini.

Pria yang akrab disapa Leri ini menambahkan jika si pemilik motor nggak mau sisi fungsionalitas motor lansiran 2012 ini berkurang. “Saya diminta untuk tidak mengurangi fungsi motor ini, bahkan diminta untuk memaksimalkan motor ini untuk riding jarak jauh. Karena motor ini sering dipakai touring.”

Supermoto buat touring? Pasti Gilmoters heran kan.

Eits, walaupun tampilan murni supermoto akan tetapi motor ini menjadi andalan si pemilik untuk touring bersama rekan sesama pecinta supermoto Gilmoters.

Biarpun dibilang modifikasi ringan alias minimalis, namun part-part yang terpasang di motor ini bisa dibilang wah loh Gilmoters. Lihat saja peleknya, pakai Alpina Carbon Matrix kepunyaan KTM SXF 450 SMR.

“Pelek ini ukurannya lebih lebar tapi bobotnya lebih ringan. Untuk pemasangannya juga perlu penyesuaian dengan membuat bushing baru pada pelek belakang. Ini dimaksudkan supaya posisi roda tetap center,” lanjut Leri.

Berhubung untuk turing sehingga resiko terjatuh atau sebagainya cenderung lebih besar. Jadi ada beberapa part pelindung ditambahkan ke motor berkelir orange hitam ini Gilmoters. Mulai dari hand guard, axle slider roda hingga frame slider.

“Atas permintaan pemilik, saya tambahkan beberapa part pelindung untuk motor maupun pengendara itu sendiri. Soalnya touring ala supermoto itu ngga hanya lewat jalan aspal tapi juga off road,” tutup pria ramah tersebut. (Okz)

Data modifikasi :

  • Ban depan : Pirelli Scorpion 120/70R17
  • Ban belakang : Pirelli Scorpion 160/60R17
  • Pelek : Alpina Carbon Matrix
  • Triple clamp : KTM Powerpart
  • Handguard : Zeta
  • Axle slider : Custom
  • Frame slider : Custom
  • Gear belakang : Supersporx
  • Knalpot : FMF Apex
  • Decals : Tryink Decals

Caos Custom Bikes
Jl. Pancoran Barat VIII no. 6C Jakarta Selatan
Telp. 08170089400

5 COMMENTS