9
406

Tips Berkendara di Musim Hujan ala PT DAM

GilaMotor.com – Musim penghujan telah tiba di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Sebagai seorang pengendara sepeda motor alangkah baiknya Gilmoters mempersiapkan segala sesuatu sebelum berkendara. Hal ini dikarenakan berkendara saat musim penghujan seperti sekarang ini perlu beberapa penyesuaian Gilmoters.

Nah berikut ada tips dari PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku main dealer Honda di wilayah Jawa Barat untuk GIlmoters.

Yang pertama, sebelum berkendara Gilmoters harus mempersiapkan rain coat atau jas hujan. Alangkah baiknya jika menggunakan rain coat model bajun dan celana daripada model ponco. Selain itu, hindari permukaan jalan yang berlubang dan genangan air yang cukup tinggi.

“Selalu waspadai genangan air, karena kita tidak mengetahui adanya lubang atau batu di dalam genangan air tersebut yang akan membuat sepeda motor kita terpeleset dan jatuh saat melintasi genangan air tersebut,” ujar Asep Wawan Hernawan, Instruktur Safety Riding PT DAM.

Selanjutnya jika Gilmoters menemukan jalan yang tergenang, disarankan ngga langsung ngegas melewatinya. Ada baiknya Gilmoters berhenti sejenak untuk melihat dan memperkirakan kedalaman genangan tersebut. Bila ketinggian air ngga lebih dari ujung knalpot dan arusnya lamban, itu berarti aman untuk Gilmoters lalui.

Saat melalui genangan tersebut Gilmoters juga ngga bisa main gas. Gilmoters justru harus mempertahankan pada kecepatan rendah secara konstan. Dan jika Gilmoters menggunakan sepeda motor jenis bebek dan sport gunakanlah gigi rendah.

Selain itu Gilmoters juga berusaha untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan lain, ini dimaksudkan agar sepeda motor ngga berhenti di tengah genangan. Dan ingat, Gilmoters ngga boleh menurunkan putaran gas selama melewati genangan air. Ngga kalah penting untuk menyeimbangkan tunggangan Gilmoters, ini dikarenakan kemungkin laju sepeda motor akan terhambat atau bahkan sedikit terseret arus saat melewati genanangan air.

“Tidak disarankan untuk memaksakan melewati genangan air yang lebih tinggi dari ujung lubang knalpot, dan jangan melewati genangan air dengan kecepatan tinggi. Lebih baik cari jalur atau jalan lain yang tidak tergenang air hujan,” tutup Asep. (Okz)

9 COMMENTS