9
19427

Lebih Dekat dengan Harley-Davidson Sportster Bermesin Tiga Silinder

GilaMotor.com – Gilmoters, kreativitas anak bangsa nggak perlu dipertanyakan lagi deh. Apapun bisa dibuat sama insan-insan kreatif di seluruh penjuru Nusantara. Coba sebutkan. Pasti bisa. Termasuk mengoprek mesin motor V-Twin milik Harley-Davidson. Seperti yang dilakukan oleh punggawa Psycho Engine bernama M. Yusuf Adib ini.

Nggak puas sama mesin radial lima silinder yang sempat mengguncang dunia custom mancanegara, pria yang bengkelnya pernah dilalap api tersebut meracik menyulap mesin V-Twin bawaan Harley-Davidson Sportster buatan 1996 menjadi W engine tiga silinder. Memang bukan perkara mudah. Namun ide brilian Yusuf mampu direalisasikan Gilmoters.

Langkahnya adalah dengan merombak crank case untuk membuat ruang baru sebagai rumah silinder ketiga. Nah, yang keren jika sejatinya mesin tiga silinder mengadopsi enam buah cam, namun lantaran ketidaktersediaan ruang maka pria asal Purwokerto tersebut hanya mencangkokkan lima buah cam. Hasilnya kapasitas mesin yang awalnya 883cc meningkat menjadi 1.324cc.

Kelar urusan mesin, sektor sasis dan body jadi bagiannya builder asal Jepang, Kaichiroh Kurosu (Cherry’s Company). Dikerjakan di Negeri Sakura, konsep awal yang tadinya bergaya chopper terpaksa diubah.

“Awalnya motor ini akan dibuat dengan gaya chopper. Tapi setelah melihat mesin yang sedang dibuat Yusuf, kami sepakat mengubah konsepnya jadi digger. Karena mesin tersebut diperkirakan sangat bertenaga,” jelas Kurosu san.

Setelah frame dan body selesai dan dikirim ke Indonesia, giliran Danny dari Hacka Pinstriping menjalani tugasnya untuk melabur body sekaligus menorehkan pinstriping ke sekujur body Iconic Bike Suryanation Motorland 2017 ini. Laburan kelir candy red yang dipadankan dengan warna silver di beberapa bagian membuat tampilan H-D Sportster ini kian ciamik. Keren!