All New Honda CBR250RR punya desain berorientasi balap. (Foto-foto: Mada Prastya)
4
2273

Yuk Rawat Rantai All New Honda CBR250RR

Gilamotor.com – Bagi Gilmoters pemilik All New Honda CBR250RR ada yang hal yang perlu diperhatikan nih selain soal tampilan dan performa motor kesayangan. Adalah rantai roda, piranti vital yang keberadaannya kadang terabaikan oleh pemilik sepeda motor. Padahal rantai roda memiliki tugas yang cukup vital yakni meyalurkan daya dari mesin ke roda. Dan jika bermasalah, bukan nggak mungkin bisa mengakibatkan celaka bagi pengendaranya.

Nah untuk itulah Gilmoters All New Honda CBR250RR haruslah memperhatikan kondisi rantai roda. Ya meskipun All New Honda CBR250RR tergolong sepeda motor baru, namun bisa saja rantai rodanya kotor. Terlebih Gilmoters sering menggunakan All New Honda CBR250RR untuk berkendara sehari-hari.

Walaupun komponen satu ini sudah ‘ditakdirkan’ untuk selalu kotor, lantaran posisinya di bawah dan harus selalu dilumasi membuat kotoran gampang menempel. Dan supaya tetap prima, Gilmoters harus selalu memperhatikan kebersihan dari si rantai roda.

(Baca Juga : Modifikasi All New Honda CBR25RR, Serba Spesial)

Cara membersihkan rantai roda pun terbilang mudah dan bisa dilakukan di rumah, Gilmoters. Cukup siapkan alat dan bahannya, seperti kuas atau sikat gigi, wadah, sabun, sponge, air, bensin secukupnya dan cairan pelumas rantai.

Yuk kita mulai tahap-tahap membersihkan rantai roda.

Pertama-tama Gilmoters posisikan All New Honda CBR250RR dalam posisi roda belakang bebas atau bisa diputar. Gilmoters bisa menggunakan penyangga roda belakang atau standar paddock.

Selanjutnya buka penutup gear depan supaya proses pembersihannya maksimal. Lalu cucilah rantai dengan menggunakan sabun dan bilas hingga bersih. Kemudian gosok rantai menggunakan kuas atau sikat gigi dengan sedikit bensin yang sudah disiapkan dalam wadah.

Setelah digosok secara merata dan bersih dari kotoran-kotoran yang membandel, Gilmoters bilas kembali rantai dengan air hingga bersih. Dan setelah kering, semprotkan cairan pelumas rantai dengan merata. (okz)

4 COMMENTS