3
802

Produk Suzuki Indonesia Laris Manis di Luar Negeri

Gilamotor.com – Selain berhasil meningkatkan penjualan di pasar dalam negeri, di tahun 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga berhasil mendongkrak penjualan unit ke luar negeri Gilmoters. Ekspor unit sepeda motor utuh atau completely built up (CBU) maupun compelety knock down (CKD) meningkat jika dibandingkand dengan tahun sebelumnya.

Di tahun lalu, PT SIS mencatat total ekspor unit sepeda motor CBU dan CKD mengalami kenaikan 6,1 persen atau 113.185 unit. Sementara di tahun sebelumnya jumlah ekspor hanya 10.604 unit saja, Gilmoters. Sehingga PT SIS mengklaim jika perolehan di tahun 2017 merupakan penjualan ekspor tertinggi sejak 6 tahun terakhir, dengan pendapatan 1,5 triliun rupiah.

Adapun produk sepeda motor yang memberikan kontribusi terbesar dalam penjualan ke luar negeri adalah Suzuki Satria F150, Gilmoters. Sepeda motor ayam jago ini mencatatkan penjualan sebanyak 35.640 unit. Sedangkan Suzuki GSX 150 menyumbang ekspor sebanyak 16.147 unit.

Untuk pasar luar negeri, PT SIS menyasar 35 negara di dunia yakni 8 negara di Asia, 2 negara di benua Oceania, 18 negara di Eropa, 4 negara di Amerika Selatan dan 3 negara di Timur Tengah.

“Ekspor terbanyak masih di dominasi negara-negara di Asia. Dan yang paling banyak adalah Filipina,” ujar Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Dept. Head PT SIS.

Kenaikan ekspor sepeda motor tentu berdampak langsung terhadap ekspor spare part resmi Suzuki (SGO, SGP dan SGA). Bahkan ekspor suku cadang Suzuki ini tumbuh hingga 86,8 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. (okz)

3 COMMENTS