1
1821

Menjaga Performa ‘Si Kuda Besi’ dengan Oli Motor Terbaik

GilaMotor.com – Ada baiknya Gilmoters gak menyepelekan urusan memilih oli mesin motor. Secara garis besar, oli mesin berguna menunjang kerja komponen-komponen yang saling bergesekan. Perannya sangat vital dalam menentukan performa. Jadi pastikan Gilmoters selalu memilih oli motor terbaik buat tunggangan kesayangan.

Dari fungsi umumnya yaitu untuk mengurangi keausan komponen, oli motor masih memegang banyak peran lain. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Oli mesin motor juga menyimpan fungsi sebagai anti karat dengan cara melumasi bagian-bagian dalam mesin yang terbuat dari bahan logam. Hal itu membuat permukaan terhindar kontak langsung dengan udara ataupun air.
  • Pelumas membantu membawa kotoran-kotoran yang timbul dari gesekan antar komponen. Dengan begitu kebersihan bagian dalam mesin tetap terjaga.\
  • Oli motor berfungsi mengurangi kebocoran kompresi ataupun tekanan hasil pembakaran. Caranya dengan mengisi celah antara  piston dan silinder.
  • Mesin tanpa oli bisa dipastikan akan sangat bising dan bergetar. Kedua hal tersebut bisa diatasi dengan adanya oli yang melumasi komponen-komponen di dalam mesin.
  • Manfaat besar lainnya dari oli ialah sebagai pendingin. Gilmoters bisa bayangkan sendiri, gesekan antar komponen di dalam mesin pastinya menghasilkan panas. Untuk itulah oli mesin diperlukan untuk sebisa mungkin menjaga suhu mesin tetap adem.

Cara Ganti Oli Motor

Setelah mengetahui sederet alasan selalu menggunakan oli motor terbaik untuk tunggangan, mungkin ada sebagian Gilmoters yang bertanya-tanya tentang hal apa saja yang perlu diperhatikan saat menggganti oli.

Kalau memang ingin mengganti oli sendiri ketimbang memanfaatkan jasa mekanik, berikut poin yang perlu diingat:

  • Tak perlu menyemprot lubang oli dengan angin bertekanan tinggi. Misalnya, pakai kompresor. Karena hal ini justru berpotensi membuat kotoran masuk ke dalam mesin.
  • Saat hendak membuang oli lama, tunggu suhu mesin dingin. Jangan membuka baut pembuangan oli saat suhu mesin sedang tinggi alias panas. Hal ini dipercaya bisa membuat ulir baut cepat rusak. Kondisi mesin panas tentunya juga bikin proses pengerjaan gak nyaman bukan?
  • Sebisa mungkin ganti ring baut pembuangan setiap ganti oli. Hal ini bertujuan memastikan tak ada kebocoran dari lubang pembuangan.

Kapan Waktu Ganti Oli yang Tepat?

Sebagian pabrikan kendaraan roda dua menyarankan konsumennya mengganti oli pada setiap 4.000 km. Namun, dengan kondisi lalu lintas yang tertentu, angka tersebut sebaiknya gak dijadikan patokan baku.

Misalnya, Gilmoters setiap hari harus menghadapi kemacetan yang menuntut gaya berkendara stop-and-go. Kondisi semacam ini membuat kualitas oli cepat merosot. Jadi sebaiknya lakukan penggantian setiap 2.000 km atau dua bulan sekali. Tergantung mana yang dicapai lebih dulu.

Hal serupa berlaku pula apabila jarak tempuh sehari-hari terbilang jauh, Bro.

Untuk sehari-hari, sebenarnya Gilmoters bisa mengecek kondisi oli lewat stick yang ada di bagian atas mesin. Oli yang sudah encer dan berwarna hitam berarti kualitasnya sudah menurun.

Manfaat Rutin Ganti Oli Motor

Dengan memilih oli motor terbaik berarti Gilmoters sudah melakukan langkah tepat dalam merawat motor. Apalagi kalau penggantiannya dilakukan secara rutin.

Mengganti oli motor secara rutin akan memberikan dampak positif bagi mesin. Pertama, komponen di dalam mesin niscaya lebih panjang umur karena selalu terlindungi dengan oli berkualitas.

Yang kedua adalah performa motor yang terjaga. Komponen yang bekerja dengan baik pastinya bikin pengalaman berkendara lebih menyenangkan, Gilmoters.

1 COMMENT