1
615

Ternyata Alasan Ini yang Bikin Harga Motor Klasik Melejit

GilaMotor.com – Belum lama ini internet dihebohkan oleh kabar sebuah Honda Astrea Grand yang terjual dengan harga mencapai Rp 80 juta. Harga fenomenal motor bebek keluaran tahun 1991 itu menyamai banderol motor sports 250cc lansiran terbaru saat ini.

Kabar lain menyebutkan ada pula seunit Honda Astrea Grand ditawarkan seharga Rp 40 juta melalui situs jual beli online. Uniknya lagi, motor yang dimaksud disebut-sebut eks tunggangan tokoh politik Amin Rais.

Djakarta Rumble

Terlepas dari fenomena itu, Honda Astrea Grand bisa dibilang adalah motor tua alias klasik yang produksinya sudah disuntik mati produsen. Soal harganya yang selangit, ada yang menganggap motor klasik memang gak punya harga pasaran pasti. Ibaratnya, terserah si penjual mau memasang harga berapa pun.

Namun Bang Gilmot tetap penasaran mencari alasan mengapa harga motor-motor tua seperti itu bisa melejit. Karena kenyataannya, selain Astrea Grand seharga puluhan juta itu, harga motor-motor klasik memang relatif mahal.

1/ Faktor Kelangkaan

Sudah gak diproduksi lagi otomatis membuat peredaran motor-motor klasik langka di jalanan. Jadi, kalau Gilmoters kepincut salah satu modelnya, harus membeli dari seorang pemilik. Pemilik bisa jadi menyadari motornya terhitung barang langka maka memasang harga tinggi untuk yang mau meminang. Masuk akal.

2/ Nilai Histori

Buat sebagian orang motor bukan hanya dilihat sebagai alat trasportasi. Apalagi motor tua. Motor klasik dianggap menyimpan histori yang menarik minat kalangan tertentu, contohnya para kolektor. Histori yang dimaksud bisa jadi termasuk menyangkut tokoh yang pernah memiiliki motor tersebut. Honda Astrea Grand eks Amin Rais menjadi salah satunya.

3/ Benda Koleksi

Sebagian motor tua pantas dikatakan sebagai benda yang pantas dikoleksi. Sebabnya antara lain keunikan yang dimiliki motor tersebut. Keunikan tersebut pastinya mendorong para kolektor untuk berebut memilikinya.

 

4/ Ikatan Emosional

Pemilik motor klasik menghabiskan waktu yang gak sedikit untuk merawat koleksinya. Apalagi kalau kondisi motor tersebut terlihat sangat mulus. Dari situ kemungkinan muncul ikatan emosional yang kuat antara sang pemilik dan motornya. Jadi wajar saja kalau sang pemilik mematok harga yang tinggi buat motornya.