Menu Buka Puasa
Seperti kebanyakan atlet top dunia, para pembalap MotoGP menjalani diet dengan menu makanan sesuai kebutuhan nutrisinya. | Foto: Asphalt and Rubber
0
1109

Menu Buka Puasa Pakai Dietnya Rider MotoGP, Mau?

GilaMotor.com – Seperti atlet kebanyakan, para rider top dunia yang berlaga di ajang MotoGP juga menjalani diet ketat. Menu makanannya gak sembarang dan banyak aturannya. Tapi kalau dilihat-lihat, hidangan yang dikonsumsi oleh mereka sangat menggugah selera. Sebagian cocok nih buat variasi menu buka puasa di rumah.

Menjelang waktu balapan maka setiap tim akan mempersiapkan hidangan buat para rider-nya. Mengutip artikel di blog resmi Repsol Honda, baik Dani Pedrosa dan Marc Marquez memiliki menu makanan diet yang cenderung sama. Menu yang disajikan kepada dua pembalap intinya adalah makanan-makanan rendah lemak terutama untuk daging dan ikan.

[Baca juga: Biar Gak Ketinggalan, Ini Jadwal MotoGP Perancis 2018]

Di samping itu, makanannya kebanyakan diproses menggunakan coconut oil (minyak kelapa). Alasannya, coconut oil berkhasiat menjaga kesehatan pencernaan, mengembalikan kondisi tubuh yang kelelahan, dan berfungsi sebagai anti oksidan. Coconut oil juga dikenal memiliki manfaat anti mikrobial. Menu yang tersaji di meja makan antara lain gandum, kalkun, dada ayam, daging, ikan, sayur, dan mashed potatoes. Adapun nasi sifatnya hanya pelengkap.

Gilmoters suka merasa lapar menjelang tengah malam? Begitu juga dengan Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Untuk mengatasiya mereka biasa melahap sandwich ayam atau dada kalkun. Hhmm, kayaknya enak banget tuh, Gilmoters. Walaupun, sebelumnya mereka mungkin sudah ngunyah salmon, steak, dan sayur yang selalu ada di daftar menu makan malam.

Menu Buka Puasa
Valentino Rossi menjalani gaya hidup sehat dengan menjauhi makanan cepat saji.

Anti Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang sangat menggoda. Ayam goreng yang renyah atau hamburger dengan daging tebal bisa dipastikan mampu memuaskan perut yang kosong seharian. Mungkin ada juga Gilmoters yang berencana menyantap menu buka puasa makanan cepat saji. Gak ada salahnya memang asalkan dalam porsi terukur.

Tapi sayangnya, ini bukanlah menu makanan yang bisa dinikmati oleh pembalap MotoGP. Ambil contoh Valentino Rossi yang anti makanan cepat saji (junk food). Rossi mengaku sudah lama meninggalkan makanan cepat saji demi mejaga performaya saat di atas motor. Apalagi, kini ia sudah memasuki usia yang tak bisa dikatakan muda lagi.