BMW G 310 GS
0
1978

Tips Hadapi Lubang di Jalan Ala Corsa

Gilamotor.com – Meskipun sudah berusaha menghindar , Gilmoters pastinya pernah dong secara nggak sengaja menghantam lubang menganga di jalan. Selain bikin nggak nyaman,  melewati lubang juga bisa merugikan. Mulai dari membuat penyok pelek, pecah ban hingga membuat Gilmoters terjatuh lantaran menghantam lubang.

Untuk itulah Gilmoters harus paham bagaimana caranya menghadapi jalan berlubang dengan baik dan benar. Dan kebetulan Bang Gilmot punya sedikit tips untuk menghadapi lubang di jalan dari Corsa.

(Baca Juga : Empat Hal Yang Wajib Diperhatikan Pemilik Motor Kopling)

Menurut Corsa, Gilmoters harus selalu waspada agar dapat menghindar lubang tepat waktu. Dan selalu pastikan nggak ada kendaraan di belakang saat akan menghindar. Selain itu juga harus menggunakan lampu sein agar pengendara lain tahu Gilmoters akan menghindar ke arah mana. Jika nggak bisa menghindar, Gilmoters dapat melakukan teknik berikut ini.

Foto : Istimewa

Pertama, lakukan pengereman sebelum menyentuh bibir lubang. Saat shockbreaker depan turun karena menghantam lubang, lepas rem dan kemudian putar gas kembali. Hal ini dilakukan agar gaya kejut dapat diserap maksimal oleh shockbreaker. Dan saat melewati lubang, angkat sedikit pantat Gilmoters dari jok. Ini bertujuan supaya Gilmoters nggak terpental dari motor. Meskipun teknik ini memerlukan latihan untuk dapat menguasainya. Namun jika dilakukan dengan benar dapat mencegah kecelakaan yang dapat timbul akibat melewati lubang.

Dan yang terakhir, jangan pernah sekali-kali Gilmoters mencoba untuk melewati lubang yang tergenang air. Lantaran Gilmoters nggak akan tahu seberapa dalam lubang tersebut. Jika cukup dalam,  resikonya motor akan tersangkut atau bahkan Gilmoters bisa terjatuh. (okz)