1
6843

3 Model Retro Honda Inspirasi Modifikasi Motor Trail Gaya Klasik

GilaMotor.com – Bang Gilmot lihat makin banyak biker yang menerapkan modifikasi motor trail untuk tunggangannya. Termasuk teman dekat Bang Gilmot sendiri, tapi dia lagi kebingungan sewaktu Bang Gilmot temui beberapa hari lalu.

“Bangun motor trail kayak apa yang bagus, bro?” tanya teman Bang Gilmot itu sambil mengerutkan dahi.

Kasian juga melihatnya kebingungan. Pengen bangun motor tapi belum ketemu konsep yang pas. Setelah diusut lebih lanjut, kawan Bang Gilmot ini bingung memilih antara trail gaya modern atau justru retro.

Motor yang hendak dijadikan bahannya adalah Yamaha Scorpio. Motor yang memang sudah jamak menjadi donor motor custom atau modifikasi. Butuh waktu berhari-hari untuk teman Bang Gilmot tersebut sebelum memutuskan konsep modifikasi motor trail yang bakal diambil.

Hingga akhirnya datang sebuah notifikasi di WhatsApp Bang Gilmot. “Kayaknya motor trail gaya retro asyik ya. Gue bangun motor kayak gitu aja deh,” tulisnya lewat pesan singkat. Setelah itu Bang Gilmot menyarankan dia untuk mencari referensi motor trail retro sebagai acuan. Bermodalkan internet terkumpul beberapa model yang siap dipilih untuk menjadi referensi.

Di luar semua itu, teman Bang Gilmot ini bisa jadi nggak sendirian kebingungan dalam memilih konsep ubahan tunggangannya. Mungkin ada juga Gilmoters yang juga butuh inspirasi sebagai persiapan melakukan modifikasi motor trail.

Untuk itu Bang Gilmot coba tulis beberapa model lawas Honda yang sekiranya cocok buat dijadikan acuan modifikasi motor trail.

1/ Honda CT125

Tampang Honda CT125 benar-benar mewakili ciri khas sebuah motor trail bergaya jaman dulu. Mulai dari penggunaan lampu depan bulat, tangki bahan bakar metal, dan adanya rak buat mengangkut barang di belakang. Sedangkan, kaki-kaki bagian belakangnya masih dikawal suspensi ganda yang pastinya membuat kesan retro itu semakin nyata.

Tentang Honda CT125 itu sendiri adalah motor yang diproduksi sejak 1979 dengan mengandalkan mesin satu silinder empat tak untuk menunjang performanya. Motor ini diposisikan sebagai produk yang gemar melakoni off road ringan.

2/ Honda MTX

Referensi modifikasi motor trail selanjutnya adalah Honda MTX yang lahir pada era 1980-an. Berbeda dengan Honda CT125 yang masih menggunakan banyak komponen metal, Honda MTX terlihat lebih modern dengan komponen plastik di sana-sini. Seperti halnya yang bisa ditemui pada sepatbor depan, rumah headlamp, shroud, bodi belakang hingga sepatbor belakang.

Honda MTX meluncur dalam beberapa tipe berdasarkan kapasitas mesin yang diusungnya, seperti Honda MTX 200R atau Honda MTX 125R.

3/ Honda FTR223

Nah, kalau yang satu ini memang bukan sepenunya motor trail, tapi ada setuhan gaya tracker yang menempel pada desainnya. Meski begitu Bang Gilmot rasa masih bisa dijadikan acuan modif dengan mengambil insipirasi dari beberapa komponen yang ada di bodinya. Misalnya, bentuk tangki bahan bakar atau joknya yang terlihat nyaman.

Bang Gilmot pribadi sangat menyukai desain Honda FTR yang pertama kali menyapa publik pada 1986 ini. Beberapa informasi menyebutkan bahwa Honda FTR atau lengkapnya Honda FTR223 sudah stop produksi sejak 2016 lalu.

Secara teknis motor ini menggunakan mesin 4-tak berpendingin udara satu silinder. Sesuai namanya, kapasitas ruang bakarnya 223 cc. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga puncak 19 tenaga kuda pada putaran mesin 7.000 rpm dan torsi tertinggi 21 Nm di 6.000 rpm.

Itulah beberapa model retro yang bisa dijadikan referensi untuk modifikasi motor trail lawas. Tapi setelah mengetahui semua ini, teman Bang Gilmot itu justru jadi bingung lagi karena semuanya referensinya keren-keren. Yha, kalau gitu kapan mulai bangun motornya bro?

1 COMMENT