0
1620

Dua Pebalap Astra Honda Raih Dua Podium Tertinggi ARRC Jepang

GilaMotor.com – Dua pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) kembali mengibarkan bendera Merah Putih dengan menyabet dua podium teratas pada balapan kedua pada seri ketiga Asia Road Racing Championship (ARRC) 2018 kelas AP250 yang digelar di Suzuka International Circuit, Jepang (3/6). Pebalap Rheza Danica Ahrens berhasil mengulang kesuksesannya meraih podium pertama yang dicetaknya pada balapan pertama, disusul Mario Suryo Aji pada podium kedua.

Para pebalap AHRT mampu menampilkan balapan yang berkelas sejak sesi kualifikasi (2/6). Rheza menjadi pebalap tercepat pada sesi kualifikasi dengan catatan waktu 2:27:013 menit. Pada balapan pertama seri ketiga ARRC 2018 kelas AP250 yang digelar pada hari yang sama, Rheza menunjukkan kemampuan balap terbaiknya dengan memimpin jauh di depan pebalap lainnya sepanjang jalannya balapan hingga 10 lap berakhir dengan catatan waktu 19:50:478 menit. Rheza pun mampu mencatatkan namanya sebagai pebalap tercepat dengan catatan waktu 2:27:872 menit.

[Baca juga: Layanan Esktra Bengkel Resmi Honda di Bulan Ramadhan]

Perfoma maksimal pun ditampilkan dua pebalap lainnya yakni Mario Suryo dan Awhin Sanjaya yang berjuang menghadapi pebalap Thailand dan Indonesia lainnya untuk perebutan podium. Mario yang memulai balapan dari grid ke 4 menunjukkan kemampuan terbaiknya hingga berhasil mengisi podium ke 3, disusul Awhin yang mampu bersaing ketat dalam barisan depan dan berhasil finis di posisi ke 4.

Pada balapan kedua sebanyak 8 putaran yang dilaksanakan pada Minggu (3/6), Rheza kembali menunjukkan performa terbaiknya dan berhasil memimpin jauh dari pebalap lainnya dengan selisih waktu 8 detik dari pebalap di belakangnya. Pebalap asal Yogyakarta ini berhasil mencapai garis finis dalam total waktu 19:53:378 menit. Walaupun jauh tertinggal dari posisi terdepan, Mario dan Awhin yang berada pada barisan terdepan pun bersaing ketat dengan pebalap lainnya.

Mario yang belum pernah merasakan sirkuit Suzuka sebelumnya, sempat melakukan sedikit kesalahan dengan keluar dari racing line pada lap ke 6 yang menyebabkan harus turun ke posisi ke 8. Konsistensi performa balap yang dimiliki dan semangat yang tinggi Mario membuatnya berhasil melakukan overtakepebalap di depannya  pada last lap hingga berhasil menyentuh garis finis di posisi kedua.

Penampilan impresif juga ditunjukkan Awhin Sanjaya yang sempat berhasil mencapai posisi dua pada lap ketiga dan lap ketujuh saat bersaing dengan pebalap lainnya. Namun tipisnya jarak antar pembalap membuat persaingan yang sengit dan manuver keras pebalap lainnya di penghujung balapan, sehingga menyebabkan Awhin harus rela tergeser hingga ke posisi 8 sampai menyentuh garis finis.

“Dua hasil positif yang saya dapatkan pada seri ini dan seri sebelumnya bisa menjadi modal saya untuk menghadapi seri balapan selanjutnya dan mendapatkan poin penuh. Pada balapan kedua ini saya tidak memiliki trik khusus namun saya hanya fokus mengikuti racing line, tidak memikirkan pebalap lain dan menjaga konsistensi waktu yang saya dapatkan. Untuk performa dan settingan motor tidak ada perubahan dari balapan pertama” ujar Rheza.

Kemenangan yang diraih ini sekaligus memantapkan posisi Rheza memimpin klasemen sementara kelas AP250 dengan total raihan 123 poin, disusul Mario pada posisi kedua dengan raihan point 67 poin, serta Awhin yang bertengger di posisi ke-6 dengan 52 poin. Dengan raihan ini, tim AHRT menempati posisi pertama pada kelas AP250 dengan total poin 130.