Foto: Moto Gateaway
0
333

Ini Komponen Yang Mesti Dicek Usai Perjalanan Jauh

Gilamotor.com – Libur lebaran sudah usai nih Gilmoters. Siapa di antara Gilmoters yang mudik menggunakan sepeda motor atau habis melakukan perjalanan jauh (touring)?

Ada dong pasti. Usai melakukan perjalanan jauh tentunya Gilmoters harus memeriksa kondisi sepeda motor kesayangan. Hal ini semata-mata supaya kondisi sepeda motor kembali prima untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Lalu apa saja sih komponen-komponen yang mesti Gilmoters cek usai melakukan perjalanan jauh?

Nah berikut beberapa komponen sepeda motor yang wajib Gilmoters :

  1. Oli mesin

Setelah menempuh perjalalan panjang ada baiknya Gilmoters segera mengganti oli mesin sepeda motor. Memang dianjurkan untuk mengganti oli setelah menempuh jarak 1.500 – 2.000 kilometer. Namun jika mesin motor bekerja terus menerus, oli menjadi encer lebih cepat. Untuk itulah dianjurkan mengganti oli setelah menempuh perjalanan jauh agar kondisi motor tetap prima. Sekaligus mencegah kerusakan mesin sepeda motor, Gilmoters.

Harga Oli Motor Terbaik Evalube

  1. Rantai atau V-Belt

Komponen yang nggak kalah penting lain adalah rantai ataupun v-belt. Kekencangan dan keausan rantai mesti Gilmoters perhatikan. Karena setelah dipakai perjalanan jauh, rantai bisa kendur atau aus dan jika dibiarkan bisa putus.  Sedangkan bagi Gilmoters pemilik sepeda motor tipe matik, kudu memperhatikan kondisi v-belt dan kondisi roller.

  1. Rem

Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi rem depan maupun belakan sepeda motor Gilmoters usai melakukan perjalanan jauh. Rem akan cepat habis jika keadaan jalan berhenti kemudian jalan secara terus-terusan di jalur yang macet. Selain kondisi rem, Gilmoters juga harus memeriksa tromol dan piringan cakram.

  1. Ban dan pelek

Meskipun secara umum umur ban bertahan hingga 10 ribu kilometer, ada baiknya Gilmoters mengecek kondisi ban usai perjalanan jauh. Terutama cek kondisi ketebalan dan alur ban, jika kondisi tapak sudah tipis, segera ganti. Selain itu juga jangan lupa mengecek kondisi pelek.

Foto : Corsa
  1. Suspensi

Umumnya pengendara sepeda motor akan membawa barang bawaan yang cukup banyak saat melakukan perjalanan jauh. Hal ini tentu berimbas pada kondisi suspensi sepeda motor itu sendiri, jadi sebaikanya Gilmoters mengeceknya. Terlebih saat melakukan perjalanan kerap melewati jalan yang bergelombang maupun jalan rusak. Per-per pada motor juga bisa rusak apabila ada pasir yang menempel di tabung suspensi sehingga merusak seal dan membuat oli shockbreaker bocor.

  1. Karburator atau injektor

Walaupun motor tetap terasa nyaman digunakan, tidak ada salahnya jika Gilmoters memeriksa kinerja karburator atau injector motor. Biasanya setelah dipakai jarak jauh, settingan karburator berubah. Kalau dibiarkan akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. (okz)