0
1340

Ini Rahasia Rossi Menurut James Toseland

GilaMotor.com – Gilmoters, pasang surutnya prestasi pembalap garputala, Valentino Rossi, mengusik banyak pihak untuk angkat bicara. Termasuk mantan juara dunia WSBK yang sempat mengaspal bersama tim Yamaha di MotoGP, James Toseland. Menurutnya, performa Rossi saat ini sangat mengesankan. Hanya saja motor Yamaha kerap dilanda masalah pada sistem elektronik.

“Dia sangat mengesankan. Di usianya yang ke 39, Rossi masih bisa naik podium. Apalagi bersama Yamaha yang terlihat seperti tidak mau menuruti kemauan ridernya. Kuncinya adalah determinasi dan konsistensi yang ditunjukkan Rossi. Saat motor tidak mau melakukan apa yang diinginkan pengedara, itu adalah sebuah hal yang sangat melelahkan. Baik fisik maupun mental,” ujar Toseland.

“Anda harus memaksa motor untuk menuruti apa kemauan sang rider. Dan yang lebih menarik, itu semua dilakukan di usianya yang sudah cukup uzur. Butuh banyak fokus, dedikasi dan keyakinan,” tambahnya.

Toseland juga mengatakan bahwa apa yang telah ditunjukkan oleh Rossi membuktikan nama besarnya sebagai seorang legenda di ranah balap.

“Sejauh ini Rossi masih menjadi yang terbaik. Dan dia telah membuktikannya di seri-seri terakhir. Menang itu mudah karena semua berjalan dengan baik. Namun bisa naik ke podium di saat motor kurang sempurna bisa menjadi balapan paling sulit yang pernah dilakoni,” tutupnya.

Foto: MCN