0
948

Jangan Cuma Pakai, Kenali Juga Bagian-bagian Helm dan Fungsinya

GilaMotor.com – Helm sudah menjadi perlengkapan wajib bagi pengguna motor. Fungsinya jelas untuk melindungi kepala apabila kita dihadapkan pada sebuah insiden.

Meski bisa dilihat sebagai satu benda yang utuh, kenyataannya helm terdiri dari banyak bagian, Gilmoters. Setiap bagiannya punya fungsi atau perannya sendiri-sendiri.

[Baca juga: Motor Pertama di Indonesia dari Pabrikan Jepang]

Dan kalau dipikir-pikir, kerusakan pada satu bagian saja pada sebuah helm akan membutnya nggak nyaman dipakai. Bahkan, berpotensi mengurangi kemampuannya memberikan proteksi.

Untuk lebih jelasnya, berikut Bang Gilmot jelaskan nama-nama bagian helm beserta fungsinya.

nama bagian helm

Nama Bagian Helm Motor dan Fungsinya

1/ Visor

Bang Gilmot rasa bagian yang satu ini sudah nggak asing lagi namanya. Iya nggak? Visor helm berguna untuk melindungi wajah dan mata dari terpaan angin saat kita lagi riding. Visor helm perlu dijaga kejernihannya demi kenyamanan dan keselamatan, bro.

2/ Hard Outter Shell (Cangkang Luar)

Bisa terbuat dari serat karbon atau plastik, hard outter shell berguna memberi proteksi utama apabila helm menerima benturan dari luar.

3/ Impact Absorbing Liner

Bagian yang satu ini memang nggak kelihatan karena posisinya yang berada di bawah hard outter shell dan tertutup busa bagian dalam. Sesuai namanya, bagian ini berfungsi menyerap energi yang diterima hard outter shell. Biasanya terbuat dari bahan polystyrene.

4/ Comfort Liner (Busa Helm)

Comfort liner biasa juga disebut busa helm. Keberadaannya lebih diperuntukkan agar helm nyaman di kepala. Tebal atau tipisnya busa juga memengaruhi kenyamanan lho, Gilmoters. Karena itulah helm biasanya tersedia dalam beberapa ukuran.

5/ Airflow Vents (Ventilasi)

Bukan rumah saja yang punya ventilasi. Kenyataannya helm juga memiliki fitur ini untuk mengalirkan udara segar ke dalam helm.

6/ Chin Bar

Kalau boleh dibilang, keberadaan bagian inilah yang membedakan antara helm full face atau pun half face. Dengan adanya bagian ini helm full face jadi lebih sempurna dalam memberikan perlindungan. Dari namanya, bagian ini berfungsi melindungi dagu pengendara motor.

7/ Rentention System (Tali Helm)

Adanya tali helm berguna biar helm nggak gampang terlepas dari kepala apabila menerima benturan. Bagian ini biasanya terbuat dari bahan nilon dan dipasangkan dengan berbagai jenis sistem penahan. Konon yang paling aman adalah sistem “double D rings“.