Foto : NTMC Polri
1
1060

Polda Metro Jaya Luncurkan Program Berteman Jakarta

Gilamotor.com – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas serta menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Polda Metro Jaya meluncurkan program Berlalu lintas Tertib dan Aman (Berteman Jakarta).

“Berteman Jakarta merupakan implementasi dari lima pilar Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas (RUNK) dan merupakan tindak lanjut dari program Promoter Polri,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf (6/6).

(Baca Juga : Suzuki Siap Kawal Pemudik 2018)

Untuk menyukseskan Berteman Jakarta, ada sembilan program yang akan diterapkan Gilmoters. Adapun sembilan progam yang akan diterapkan dari Berteman Jakarta tersebut diantaranya, Simling Mas Ramadan. Suatu program yang merupakan implementasi dari pilar safer people dengan cara pelayanan SIM yang mendekatkan diri ke beberapa masjid. Program ini bertujuan memudahkan masyarakat untuk menerima pelayanan SIM.

“Kedua, Hindari Horor, Mudik Tanpa Motor yaitu suatu program aksi edukasi untuk mengimbau masyarakat agar mudik lebaran tanpa motor dan program aksi audit standar keselamatan sarana angkutan mudik lebaran. Untuk memastikan sarana angkutan mudik lebaran telah memenuhi persyaratan standar keselamatan,” ujar Yusuf.

Mudik Honda 2018 1
Ilustrasi (Foto : Honda)

Ketiga, operasi Ketupat. Suatu operasi kendali pusat yang dan merupakan operasi kemanusiaan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibar) lalu lintas selama mudik lebaran dan balik mudik lebaran.

“Keempat, RSPA (Road Safety Partnership Action) yaitu program partnership bersama stakeholders bidang lalu lintas, instansi terkait dan masyarakat dalam rangka mewujudkan kamseltibcarlantas, program ini merupakan implementasi dari 4 pilar RUNK (safer people, safer vehicle, safer road dan post crash care),” tutur Yusuf.

Kelima yakni SMAS (Smart Mnagement Of SIM). Suatu proses manajemen untuk memudahkan masyarakat menerima layanan SIM. Seperti pembayaran melalui e-banking dan QR barcode dan selain itu juga ada pemecahan rekor MURI dalam rangka pelayanan 24 jam non stop.

Tilang
Ilustrasi (Foto : NTMC Polri)

Keenam, Stop N Go. Suatu program encouragement (memotivasi) masyarakat dengan cara edutainment. Program itu diantaranya menampilkan foto pengemudi yang salah (terobos lampu berhenti traffic light) dan pengemudi yang benar (berhenti di traffic light pada saat lampu tanda berhenti menyala).

“Ketujuh Safety Students Awards. Suatu program aksi memotivasi dan program aksi edukasi bagi anak sekolah melalui kegiatan perlombaan antar sekolah antara lain lomba cerdas cermat, pemilihan Duta Pelajar Keselamatan Lalu Lintas dan Safety Riding Contest,” jelas Yusuf.

edukasi safety riding Lampung
Ilustrasi (Foto : Honda Community)

Kedelapan, Lomba Cipta Kawasan Tertib Berlalu Lintas yaitu suatu program memotivasi masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Program ini dilaksanakan dengan kegiatan lomba untuk menciptakan kawasannya menjadi kawasan tertib berlalu lintas misalkan di kawasan perumahan, perusahaan dan lainnya.

“Terakhir, Safety Riding Jelajah Jakarta. Suatu program aksi edukasi tentang berkendara yang aman melalui kegiatan coaching clinic safety riding ke komunitas-komunitas yang ada di Jakarta,” tutur Yusuf.

Yusuf menjelaskan, kesembilan program tersebut dilaksanakan atas kerjasama dengan Dinas Perhubungan dan PT Jasa Raharja. “Selain itu kami juga libatkan masyarakat, karena kami menggunakan metode motivasi sehingga masyarakat menjadi core bussiness-nya,” pungkas Yusuf. (okz)

1 COMMENT