0
52488

Tiga Penyebab Rem Cakram Berdecit Plus Solusinya

Gilamotor.com – Rem, menjadi salah satu komponen terpenting dalam sepeda motor. Berhubung menjadi komponen vital, keberadaan rem tentunya nggak bisa diabaikan. Kondisinya pun harus selalu optimal supaya bisa berfungsi dengan maksimal.

Tapi apakah Gilmoters pernah mendengar suara berdecit atau berbunyi nggak mengenakan telinga yang berasal dari kaliper rem cakram depan maupun belakang? Nah jika iya, ini tandanya kondisi rem sepeda motor Gilmoters kurang sehat. Kalau rem kurang sehat tentunya membahayakan Gilmoters ataupun pengendara lain karena beresiko menyebabkan kecelakaan.

(Baca Juga : Begini Cara Rawat Motor Yang Kena Abu Vulkanik)

Penyebab kaliper rem berdecit ini bermacam-macam, Gilmoters. Tapi jangan khawatir, Bang Gilmot sudah merangkumnya dalam tiga penyebab rem cakram berdecit.

  1. Kampas Rem Mulai Tipis

Rem berdecit bisa jadi karena kampas rem sepeda motor Gilmoters yang mulai tipis. Bunyinya disebabkan dari gesekan besi pada kampas rem dengan piringan cakram. Jika didiamkan, rem nggak akan bekerja dengan maksimal. Dan lama-kelaman cakram akan rusak. Solusinya? Ada baiknya Gilmoters segera mengganti kampas rem yang sudah tipis tersebut.

  1. Kampas Rem Keras

Selain karena kondisi kampas yang mulai tipis, bunyi berdecit juga bisa dihasilkan dari kampas rem yang mengeras akibat pengendara terlalu sering menarik tuas rem. Gesekan tersebut membuat kampas dan membuat decitan ketika mengerem. Jika sudah seperti ini, penggantian kampas rem wajib dilakukan.

  1. Debu Kotoran

Selain dua peyebab rem berdecit yang Bang Gilmot jabarkan di atas. Debu dan kotoran yang menempel di kampas juga menjadi penyebab rem berbunyi. Karena partikel debu dan kotoran yang menempel pada kampas rem bergesekan dengan cakram. Solusinya, Gilmoters cukup membersihkan bagian kampas rem dengan air bersih. Terlebih setelah melakukan perjalanan di musim hujan maupun setelah melewati jalan berdebu. (okz)