2
885

Asal Pasang Crash Bar Malah Bikin Rusak

Gilamotor.com – Biasanya pecinta adventure selalu membekali motor dengan aksesori yang terbuat dari besi untuk melindungi motor dari goresan aspal atau yang biasa dikenal dengan crash bar.

Salahnya modifikasi bisa membuat motor menjadi tambah rusak usai pemasangan aksesori ini saat terjadi crash. Hal ini dituturkan oleh Indra Laksana Riadi, owner dari Sekre Garage. “Pembuatan besi yang menempel dimotor harus ada yang dikalahkan” pungkasnya.

(Baca juga : Empat Hal Yang Wajib Diperhatikan Pemilik Motor Kopling

Lebih lanjut, biasanya Sekre Garage mengadopsi besi pipa berukuran 2,2 mm, sedangkan untuk bracket berukuran 2 mm. “Bisa aja crash bar gue bikin kokoh, tetapi pasti sasis yang akan kalah, jadi mau tidak mau crash bar yang dikalahkan dan fungsinya meminimalisir,” papar Indra.

Dalam penempatannya, Indra juga menyarankan untuk lebih diperhitungkan, karena jika salah penempatan akibatnya bisa fatal Gilmoters. Dalam hal pemilihan crash bar, usahakan hindari dari finishing yang menggunakan dempulan. Pasalnya, disaat terjatuh dempulan akan gompal.

Fungsi dari crash bar terkadang masih salah dimengerti oleh para bikers, alhasil bahan yang digunakan lebih kuat dari sasis motor. Setelah Gilmoters membaca tips dari Indra pastinya anda lebih mengerti fungsi dari crash bar.

2 COMMENTS