Foto : Honda
0
34202

Dua Efek Buruk Jika Kelebihan Oli Mesin Motor

Gilamotor.com – Mengganti oli dalam perawatan rutin sepeda motor sudah menjadi hal yang lumrah. Tujuannya nggak lain nggak bukan untuk menjaga performa mesin sepeda motor kesayangan agar tetap prima. Setiap jenis sepeda motor punya kapasitas oli mesin yang berbeda, Gilmoters. Sehingga dalam mengganti oli, takarannya harus sesuai dengan kapasitas. Nggak boleh kurang dan nggak boleh lebih.

Mungkin banyak dari Gilmoters yang sudah mengetahui efek yang ditimbulkan jika oli samping kurang. Namun sayangnya masih banyak yang belum paham jika kelebihan oli juga dapat menimbulkan efek yang nggak baik pada mesin motor kesayangan Gilmoters.

(Baca Juga : Mau Ganti Oli? Perhatikan Dulu 4 Hal Ini)

Nah, pada kesempatan kali ini Bang Gilmot mau memberikan informasi mengenai efek buruk akibat kelebihan oli mesin sepeda motor.

Efek buruk pertama yang ditimbulkan akibat kebanyakan oli adalah menghambat kinerja mesin motor itu sendiri, Gilmoters. Ini karena karakter oli yang memiliki kekentalan yang konsisten dan dalam volume berlebih justru akan menimbulkan hambatan pada mesin. Dengan demikian, kinerja mesin justru akan terasa berat.

Harga Oli Motor Terbaik Evalube

Jadi nggak perlu heran kalau takaran oli mesin yang berlebihan membuat performa sepeda motor Gilmoters jadi melempem.

Dan efek buruk akibat kebanyakan oli mesin yang terakhir adalah membuat kualitas oli mesin itu sendiri menjadi menurun, Gilmoters. Pasalnya, saat mesin bekerja akan menimbulkan gelembung- gelembung pada genangan oli, lalu bertabrakan dengan weight balance. Dalam takaran normal, seharusnya oli hanya untuk melapisi tidak perlu menggenangi. Jika oli menggenangi mesin, oli justru akan mudah keruh dan membuat kualitasnya menurun. (okz)