Foto: Autosport.com
0
222

Lorenzo Apes di MotoGP Italia Gara-gara Terpaksa Pakai Ban Medium

GilaMotor.com – Dewi Fortuna belum berpihak pada pembalap Ducati Jorge Lorenzo dalam balapan MotoGP Italia yang berlangsung di Misano, Minggu (9/9) kemarin. Lorenzo terjatuh saat dirinya tengah bertarung dengan Marc Marquez untuk memperebutkan posisi dua.

Jatuh saat balapan tinggal menyisakan dua putaran lagi, dirinya berhasil bangkit dan meneruskan balap. Hanya saja harus puas mengantungi hasil finish di posisi ke-17.

Pada balapan kemarin pembalap Spanyol tersebut menggunakan kombinasi ban medium-medium sebagai bagian dari strateginya. Sama halnya seperti yang juga dilakukan oleh pembalap lain, misalnya Marquez atau Andrea Dovizioso.

(Baca juga: Masih Sementara, Ini dia Jadwal MotoGP 2019)

Namun dianggapnya strategi tersebut malah bawa petaka bagi dirinya. Lorenzo merasa tidak mendapat grip yang cukup menggunakan ban depan medium yang akhirnya mengakibatkan dirinya jatuh.

“Saya jatuh lebih karena menggunakan ban medium-medium yang normalnya saya tidak duka, terutama untuk depan. Saya tidak punya grip yang di bagian sisi ban, begitu juga untuk bagian tengah ban belakang dan depan,” ungkapnya, dikutip dari Autosport.com.

“Ini membuat saya menggunakan banyak rem untuk menghentikan motor, jadi menggunakan ban seperti ‘batu’ ini membawa banyak masalah selama balapan,” tambahnya.

Seperti diketahui, kemarin Lorenzo terpaksa mencium aspal pada tikungan ke-8 ketika harus mengerem. Ban depan Ducati GP18 yang menjadi tunggangannya selip dan ia tepaksa menghepaskan tubuh ke aspal.

Performa Labil Ban Michelin

Lorenzo yakin bila dirinya menggunakan ban soft pasti bisa memberikan perlawanan lebih pada balapan kemarin. Seperti halnya yang ia lakukan pada tes sebulan yang lalu. Dirinya menggunakan ban soft dan hasilnya performa ban cukup memuaskan. Padahal kondisi cuacanya relatif sama panasanya.

“Ada hal aneh di mana sebulan yang lalu dengan kondisi sangat panas, ban depan soft sangat konstan, dan akhir pekan ini menggunakan ban depan soft sangat mustahil dipakai setelah lima lap pada Jumat kemarin, bannya benar-benar hancur,” ucapnya.

Terkait hasil balapan kemarin, rekan setim Lorenzo, Andrea Dovizioso berhasil menjadi juara. Disusul oleh pembalap Honda Marc Marquez di posisi ketiga dan Cal Crutchlow di posisi ketiga.