0
213

Sejarah Panjang Honda Bikers Day, Acara Tahunan Pengguna Motor Honda

Gilamotor.com – Honda Bikers Day (HBD) selalu dijadikan event tahunan pengguna motor Honda, terutama Gilmoters yang tergabung dalam komunitas motor. Pastinya Gilmoters amat sangat menyayangkan jika melewati HBD yang sudah di gelar selama 10 tahun berturut turut.

Gilmoters tahu tidak tempat pertama kali diadakannya HBD? Untuk yang belum tahu, nih Bang Gilmot kasih informasinya sejarah panjang HBD. Tepat tanggal 17 Desember tahun 2009 HBD diadakan di Jawa Barat, Pantai Pangandaran.

(Baca juga: Memahami Kode Kode Ban Motor Setiap Angka Ada Artinya)

HBD pertama menjadi cikal bakal berdinya Ikatan Motor Honda Jawa Barat (IMHJB), dengan dukungan main dealer Honda di Jawa Barat, PT Daya Adicipta Motora (DAM) dan pabrikan sepeda motor Honda PT Astra Honda Motor (AHM). Memasuki tahun 2010 HBD kembali digelar oleh IMHJB di Kiara Payung, Jatinangor – Sumedang, Jawa Barat.

Animo peserta yang terus meningkat selama dua tahun membuat AHM tergiur untuk menjadikan HBD sebagai event Nasional dan agenda rutin AHM untuk pengguna motor Honda. Memasuki tahun 2011 HBD mulai keluar dari wilayah Jawa barat, dan Bromo – Pasuruan Jawa Timur menjadi saksi berkumpulnya pengguna motor Honda.

Tahun 2012, HBD berlangsug di Komplek Candi Prambanan – Yogyakarta, 2013 Tanjung Tum – Banten, 2014 Pantai Pandawa – Bali, 2015 Pantai Teleng, Pacitan – Jawa Timur, 2016 Pantai Boom – Banyuwangi, Jawa Timur, 2017 Landasan udara Gading – Gunung Kidul, Yogyakarta.

Sejarah panjang ini membuat Jawa Barat kembali menjadi tuan rumah HBD 2018 yang akan dilaksakan di Lapangan Ketapang Doyong – Pantai Pangandara pada (17/11). Namun belakangan AHM tidak lagi membuat HBD berada disatu lokasi tiap tahunnya, kini HBD terbagi di beberapa kota atau biasa disebut HBD Regional.

HBD regional pertama akan dilakukan untuk area Sumatera yang berlokasi di Jakabaring Sport City, Palembang (6/10), dilanjutkan di GOR Sempaja, Samarinda (13/10) sebagai lokasi HBD area Kalimantan dan terakhir untuk HBD regional area Sulawesi akan dilaksanakan di Kawasan Megamas, Manado (27/10).

“Menuju 10 tahun pelaksanaannya, Honda Bikers Day telah menjadi sebuah momen kebersamaan yang dinanti oleh pecinta sepeda motor Honda. Hal ini terlihat dari semakin meningkatnya pengunjung dari HBD dari tahun ke tahun. Tentunya kami akan terus menjaga kekompakan dan semangat solidaritas para bikers untuk menjadi hal yang positif,” ujar A.Indraputra, General Manager Marketing Planning and Analysis Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Untuk mengikuti HBD 2018, AHM mulai membuka pendaftaran pada akhir September 2018 bagi seluruh komunitas sepeda motor dan perwakilan klub sepeda motor Honda. Pendaftaran ini dapat diakses secara online melalui http://hondacommunity.net/. Selain itu juga dilakukan pendaftaran di lokasi acara.

Untuk Gilmoters yang suadah terdaftar di Honda Community dapat langsung menunjukkan Honda Community ID. Sedangkan, untuk yang belum terdaftar, cukup membawa kartu identitas seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) C dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sepeda motor Honda yang dikendarainya.